Pelatihan Desain Gerabah Dengan Teknik Batik DI SMKN 1 Kecamatan Luak Kabupaten 50 Kota

Hendra hendra, Izan Qomarats, Sonia Rahayu

Abstract


 

Pelatihan gerabah tradisional di Nagari Andaleh dilakukan untuk menumbuhkan kebanggaan generasi muda terhadap produk budaya lokal. Selama ini belum tampak adanya generasi muda yang berminat untuk mengembangkan kerjinan gerabah tersebut. Jika hal seperti ini dibiarkan berlanjut, maka lama kelamaan gerabah di Andaleh bisa tinggal sejarah dan menghilang dipasaran. Untuk itu diperlukan suatu usaha untuk menggugah minat generasi muda terhadap gerabah di sekitar Andaleh. Salah satunya dengan pelatihan desain gerabah dengan motif batik di SMKN 1 Luak. Kegiatan pelatihan ini ditujukan untuk mempopulerkan gerabah tradisional yang dipadukan dengan motif batik kontemporer khas Minangkabau. Apalagi siswa dan siswinya merupakan calon praktisi seni dan teknologi yang disiapkan menjadi tenaga kerja. Mereka diharapkan  bisa ikut berpartisipasi mengembangakan gerabah tradisional Andaleh yang lokasinya tidak jauh dari sekolah tersebut dengan kreativitas yang dimiliki.. Motif tersebut selanjutnya dikreasikan dan dikembangkan untuk kemudian diaplikasikan pada produk gerabah yang dihasilkan masyarakat Andaleh. Dengan mengadakan pelatihan ini diharapkan dapat mengembangkan kerajinan gerabah tradisional dan motif batik khas Minangkabau kepada generasi muda. Selanjutnya kegiatan desain gerabah dengan motif batik ini juga bisa menjadi solusi bagi pengrajin gerabah dalam memasarkan produk gerabahnya yang selama ini dibuat tanpa hiasan.


Full Text:

PDF

References


Amstrong. Michael. 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia.. PT Elek Media Komputindo. Jakarta

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Prawira, N. Ganda & Dharsono. 2003. Pengantar Estetika dalam Desain Seni Rupa. Departemen Pendidikan Nasional. Bandung.

Hutaningrum, A. L. D. (2013). PELATIHAN MEMBUAT BATIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DI PUSAT PELATIHAN BATIK TULIS AL-HUDAKABUPATEN SIDOARJO. J+ UNESA, 2(2), 1–7.

Mubarat, H., Chanaldy, R. S., & Yanto, D. (2019). Pengembangan Produk Lukis Lakuer Menjadi Produk Kerajinan. Batoboh, 4(2), 96. https://doi.org/10.26887/bt.v4i2.901

Qomarats, I., & Washinton, R. (2020). Revitalisasi gerabah tradisional galogandang dengan teknik batik menjadi produk estetik. 4(1), 42–49.

Raharjo, T. (2009). Historisitas Desa Gerabah Kasongan. Pascasarjana ISI Yogyakarta.

Sachari, A. dan Y. Y. S. (2002). Sejarah Perkembangan Desain Dan Kesenirupaan. ITB.

Sutikno. (2009). Belajar Dan Pembelajaran: Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan PembelajaranYang Berhasil. Prospect.

Yanuarmi, D., Widdiyanti, W., & Sundari, S. (2019). Kreatifitas Melalui Batik Cap Dari Karton Bekas Pada Siswa Disabilitas. Batoboh, 4(2), 69. https://doi.org/10.26887/bt.v4i2.899

Wulandari, Ari. 2011. Batik Nusantara Makna Filosofis Cara Pembuatan Dan Industri Batik. CV Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v5i2.1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.