PELATIHAN SENI KALIGRAFI ISLAM DI PESANTREN THAWALIB GUNUANG

Hanafi - Hanafi, Olvyanda Ariesta, Ikhsan Maulana

Abstract


 

 

Pelatihan kaligrafi bagi siswa terutama di pesantern sangat di perlukan. Hal ini untuk mendukung proses  pembelajaran agar lebih terkoordinir dengan baik. Namun tidak semua pesantren yang memberikan perhatian lebih terhadap materi kaligrafi. Padahal mata pelajaran kaligrafi memberikan dampak cukup besar bagi seseorang yang mempelajarinya. Seseorang yang belajar kaligrafi akan memiliki kepekaan rasa dan kehalusan perasaan. Kegiatan pelatihan kaligrafi ini lah yang dilaksanakan di pesantren modern Thawalib Gunung. Siswa tingkatan Aliyah selama ini belum dibekali pengetahuan mendalam mengenai membuat kaligrafi dengan beragam alat seperti kalam dan juga kuas. Membuat kaligrafi tentunya mmebutuhkan pengetahuan dan pengalaman tersendiri sehingga hasilnya menarik. Kegiatan ini dimulai dengan memberikan materi tentang jenis khat kaligrafi dan bagaimana karakter dari masing masing khat tersebut. Selanjutnya siswa diperkenalkan dengan teknik dasar kaligrafi menggunakan kalam. Untuk mempelajari kaligrafi, maka siswa harus mencoba dahulu bagaimana menggunakan kalam dan menorehkannya di kertas.Latihan ini dimulai dengan membuat masing-masing khat . Selanjutnya siswa akan belajar mengenai membuat tulisan kaligrafi dengan menggunakan kuas. Penggunaan kuas juga bertujuan agar siswa mampu lebih mengeksplorasi lagui berbagai bentuk khat yang ada. Di materi akhir siswa diberi kebebasan membuat khat dengan cat dengan beragam warna untuk menghasilkan beragam bentuk khat yang menarik.

Kata Kunci : Pelatihan, Kaligrafi, Karakter


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Anin Ditto, Yulimarni, S. S. (2020). Pelatihan Batik Cap dalam Rangka meningkatkan Kreatifitas siswa SLP YPPLP Kota Padang. Batoboh, 5, 38.

Gunawan, I. (2016). Pelatihan Kaligrafi Terhadap Tingkat Stress Narapidana. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 13(1), 39. https://doi.org/10.18860/psi.v13i1.6408

Ihsan, muhammad adib. (n.d.). Pelaksanaan Sistem Pondok dan Pelatihan Seni Kaligrafi dalam Meningkatkan Kemampuan. 1–6.

Mubarat, H., Chanaldy, R. S., & Yanto, D. (2019). Pengembangan Produk Lukis Lakuer Menjadi Produk Kerajinan. Batoboh, 4(2), 96. https://doi.org/10.26887/bt.v4i2.901

Munandar. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat 1. Jakarta. Rieneka

Cipta

Sirajuddin AR D. 1988. Seni kaligrafi Islam. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Sundari, S., Widdiyanti, W., Yanuarmi, D., & Ditto, A. (2018). Ekstrakurikuler Batik Di Man 2 Kota Bukittinggi. Batoboh, 3(2), 92. https://doi.org/10.26887/bt.v3i2.522

Yanuarmi, D., Widdiyanti, W., & Sundari, S. (2019). Kreatifitas Melalui Batik Cap Dari Karton Bekas Pada Siswa Disabilitas. Batoboh, 4(2), 69. https://doi.org/10.26887/bt.v4i2.899

Yulianti, E., & Marcelina, D. (2019). PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. 3(2), 79–85




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v5i2.1297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.