METODE PELATIHAN BERNYANYI DAN BERCERITA PADA GURU-GURU TK/PAUD SE-ACEH BESAR DALAM MENDIDIK KREATIVITAS SENI PADA ANAK KABUPATEN ACEH BESAR

Benni Andika, Benny Andiko, Dian Permata Sari

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mengajarkan metode pelatihan bernyanyi dan bercerita pada guru-guru TK/Paud di Aceh Besar, agar dapat mendidik akan dalam meningkatkan kreativitas seni pada anak. Menciptakan seniman-seniman cilik melainkan menawarkan sejumlah pengalaman yang bermanfaat untuk mengasah  pribadi yang apresiasif dan kreatif melalui pendidikan seni. Kegiatan Seni yang akan didapatkan anak usia dini nantiknya akan memberikan dampak yang baik bagi keberlangsungan seni dan budaya. Anak-anak usia dini merupakan salah satu pendukung dalam mempertahankan seni yang berkembang saat ini,  menjadi pilihan media penyampaian nasehat dalam nilai-nilai moral. Pelatihan sistem pembelajaran guru dalam mendidik anak akan dilakukan secara berkelanjutan. Sehingga akan memberi dampak yang positif untuk menjadikan guru dalam membimbing dan mengajarkan anak didik dalam wilayah berkesenian dan meningkatkan kreativitas anak. Diharapkan pelatihan ini dapat berkontribusi tidak hanya terhadap pengembangan materi pendidikan seni saja, namun pada kemampuan guru TK/PAUD dalam hal pengetahuan seni serta berkreativitas khususnya seni Bernyanyi dan  Bercerita terhadap perkembangan guru dan anak dengan mengemas bahan ajar pendidikan seni dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak.

Full Text:

PDF

References


Masunah, Juju. (2003) Seni dan Pendidikan Seni. Bandung : Pusat Penelitian PAST UPI.

Latif, M. A. (2012). The Miraacle of Story Telling. Jakarta : Zikrul

https://media.neliti.com/media/publications/259946-hubungan-pelatihan-bercerita-terhadap-ke-cc3abf95.pdf

Bashori, Khoiruddin dkk.(2015) Pengembangan Kapasitas Guru. Jakarta : Media Group dan Yayasan Sukma Bangsa.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Syah, Muhibbin. (2000). Metode Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v5i2.1303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.