PELATIHAN TARI PANYEMBRAMA SEBAGAI PENGENALAN BUDAYA BALI DI SMA NEGERI 2 PADANGPANJANG

A.A. Istri Agung Citrawati, Eva Riyanti, Fathul Anugraha, Helen Puti Mahyeni

Abstract


Kegiatan Pengabdian Bagi Masyarakat berbasis Prodi ditujukan untukmelatih siswa-siswi SMAN 2 Padangpanjang dalam rangka pengenalan budaya Bali, dengan judul yang diusulkan adalah Pelatihan Tari Panyembrama Sebagai Pengenalan Budaya Bali di SMAN 2 Padangpanjang.Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan, pengetahuan serta pengalaman tentang tari-tarian Nusantara khususnya tarian Bali (Tari Panyembrama) sehingga siswa-siswi SMAN 2 Padangpanjang mengenal tarian ini dan mampu menyajikan secara utuh sebagai pertunjukan tari, serta dapat di kembangkandan dijadikan sebagai materi pembelajaran untuk mata pelajaran seni budaya di sekolah SMA Negeri 2 Padangpanjang. Proses kegiatan tersebut diberikan dengan metode ceramah, demontrasi, dan evaluasi

Full Text:

PDF

References


Bandem, I Made. 1983. “Ensiklopedi Tari Bali”. Denpasar:ASTI.

Bandem, I Made. 2004. “Kaja dan Kelod: Tarian Bali Dalam Transisi”. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Bandem, I Made. 2005, “KekhasanPenelitian Bidang Seni”. Jakarta: DP3M DIKTI. Forum Diskusi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Seni, Direktorat Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Hadi, Y. Sumandiyo. 2012. “Seni Pertunjukan dan Masyarakat Penonton”. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.

Soekamto, Toeti. 1997. “Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran, Peningkatan dan Pengambangan Aktivitas Intruksional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan”.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v1i1.133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.