TARI ADOK MASYARAKAT PANINGGAHAN KABUPATEN SOLOK SEBAGAI SENI EKSPRESIF BUDAYA MINANGKABAU DALAM KONTEKS INDUSTRI KREATIF

Hartati Hartati, Martion Martion, Mahdi Bahar

Abstract


 Kesenian Adok yang dapat dikategorikan pada seni tari ini merupakan salah satu bentuk seni tradisional kebudayaan masyarakat Paninggahan, Solok, Minangkabau. Seni tari ini mengekspresikan kehidupan masyarakat pendukungnya dan niscaya turut dibentuk oleh nilai-nilai kebudayaan mereka sendiri. Sebagai entitas seni tradisional, tari ini menggambarkan kehidupan estetika dan artistika zamnnya di masa lalu yang cukup sederha. Namun demikian, seni ini mempunyai potensi yang khusus untuk dapat dikembangkan, terutama adalah kekuatan teks nyanyian musik yang mendampinginya sebagai penggerak alur tarian yang dibawakan penari dan hampir tidak dipunyai oleh tari-tari tradisional Minangkanbau yang lain. Potensi seperti demikian dapat dikembangkan menjadi salah satu bentuk produk industri seni kreatif berbasiskan budaya setempat. Kontribusi akhirnya bertujuan untuk penguatan seni budaya lokal masyarakat Paninggahan sendiri.


Full Text:

PDF

References


Hadi,Y. Sumandiyo. Kajian Tari: Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007.

Hadi,Y. Sumandiyo. Seni Pertunjukan dan Masyarakat Penonton., Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta, 2012.

Hidajat, Robby. Koreografi & Kreativitas.Yogyakarta: Kendil Media Pustaka Seni Indonesia, 2011.

Royce, Anya Peterson. Antroplogi Tari, Terj. F.X. Widaryanto dari judul asli: The Anthropology of Dance. Bandung: Sunan Ambu Press STSI Bandung, 2007.

Soedarsono, R.M. Seni Pertunjukan Indonesia & Pariwisata.Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v2i1.271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.