PELATIHAN SENI TARI GUNA MENINGKATKAN WAWASAN DAN KETERAMPILAN GURU SENI BUDAYA SMP SE-KAB. LIMA PULUH KOTA

Yesriva Nursyam

Abstract


Pelatihan seni tari guna meningkatkan wawasan dan keterampilan guru seni budaya SMP se-Kabupaten Lima Puluh Kota ini dilaksanakan melalui beberapa metode, diantaranya memberikan materi secara teori, mendemonstrasikan gerak dan latihan secara berkelompok. Kegiatan ini dilaksanakan karena minimnya pengetahuan dan keterampilan guru terhadap seni tari khususnya tari kreasi baru. Melalui kegiatan ini guru-guru dibekali ilmu tentang kiat dan prinsip menggarap tari kreasi baru yang langsung diterapkan kepada siswa guru seni budaya SMP di Kabupaten Lima Puluh Kota. Guru-guru dibina dengan memberikan materi secara teori maupun praktek yang langsung dipraktekkan oleh masing-masing kelompok yang telah dibagi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa penjelasan teori, mendemostrasikan dan praktek. Hasil kegiatan ini nantinya berupa sebuah karya tari kreasi baru yang diciptakan oleh kelompok masing-masing dengan mengusung tema sesuai dengan keinginan kelompok. Wawasan dan keterampilan yang telah didapatkan selama pelatihan akan dipraktekan di sekolah masing-masing, sehingga tiap sekolah akan mengutus tim keseniannya dalam festival dan lomba seni yang ada baik di tingkat daerah hingga nasional.

Full Text:

PDF

References


Soedarsono.(1977). Tari-Tarian Indonesia I. Jakarta: Proyek Pengembangan Media

Kebudayaan.

Widyastutieningrum, S. R.(2004). Sejarah Tari Gambyong Seni Rakyat Menuju

Istana. Surakarta: Citra Etnika.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v2i1.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.