PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA/I DAN GURU MIN LUBUAK MALAKO KECAMATAN SANGIR, KABUPATEN SOLOK SELATAN DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KALENG BEKAS

Armen Nazaruddin, Rica Rian

Abstract


Pendidikan seni adalah adalah salah satu elemen yang memperhalus karakteristik
seseorang. Dilandasi kenyataan tersebut penting artinya memberikan apresiasi melalui
pendidikan seni rupa khususnya melukis bagi siswa/i dan guru dengan memanfaatkan
media kaleng-kaleng bekas. Langkah pertama yang dilakukan dalam kegiatan
pengembangan melukis kreativitas guru dan murid adalah menjelaskan pengertian seni
lukis, kemudian pengenalan tentang teknik-teknik dalam seni lukis, pembuatan sketsa
gambar, diteruskan dengan praktek melukis pada media kaleng. Kegiatan pelatihan ini
dilakukan dengan beberapa metode di antaranya ceramah, demontrasi, dan tanya jawab,
latihan, dan penugasan. Diberikannya pelatihan pengembangan kreatifitas melukis pada
siswa/i dan guru MIN Lubuk Malako, kecamatan Sangir, kabupataen Solok Selatan
dengan memanfaatkan media kaleng-kaleng bekas ini siswa dan guru dapat melakukan
berbagai bentuk karya seni rupa seperti tempat pensil, tempat celengan, tempat sampah,
tempat tissu dan lain-lain. Di samping sebagai media pembelajaran, pelatihan
pengembangan kretivitas ini jika ditekuni tentu menjadi peluang usaha bagi guru dan
murid di luar sekolah

Full Text:

PDF

References


Deden. 2014, Mengajarkan Seni pada Anak, Rekayasan Sain Bandung.

Darmajanti, Irma. 2006, PsikologiSeni, Kiblat Badung.

Sachari, Agus. 2002, ESTETIKA Makna Simbol dan Daya, ITB Bandung.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Kepribadian, PT Raja Grafindo Persada Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v2i1.324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.