Workshop Program Sedekah Sampah Karang Taruna Desa Terentang

Hadi Saputra, M Tohir, Dea Gustiani, Ibnu Ilham

Abstract


 

Artikel ini memberikan pembahasan tentang program sedekah sampah. Adapun pembahasan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan sedekah sampah merupakan program yang dilaksanakan di desa Terentang agar para pemuda karang taruna dapat memahami dengan sedekah sampah merupakan suatu ibadah dan  bisa menghasilkan nilai tambah secara ekonomis dan kemudian dapat digunakan untuk membantu para fakir miskin, anak yang tidak mampu membayar SPP dan kebutuhan yang diperlukan di masyarakat. Tujuan pengabdiannya ini juga melatih program sedekah sampah agar bermanfaat bagi masyarakat di desa Terentang. Metode pengabdian ini menggunakan metode pelatihan terstruktur dengan teknik ceramah, praktek, dan tanya jawab. Pengabdian dilaksanakan di Desa Terentang dengan rincian kegiatan, persiapan, perijinan, pelaksanaan, dan pendampingan.

 Kata Kunci: Sedekah Sampah; Workshop; Pengabdian


Full Text:

PDF

References


Husni, M. (2020). Membangun Kesadaran Sedekah Sampah sebagai Model Pemberdayaan Masyarakat Desa Karangsari, Bantur Kabupaten Malang. Jurnal Aksi Afirmasi, 1(1), 58–68.

Reka Meilani. (2019). Pemberdayaan Karang Taruna Dalam Upaya Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Untuk Mengelola Sampah Menjadi Rupiah. Al-Quwwah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Sarno, S. (2019). Pemberdayaan Karang Taruna Kecamatan Rakit Melalui Kegiatan Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Berbasis Masyarakat. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1.

Widodo, A. S. (2021). Peran Kader Masyarakat Dalam Program Pengelolaan Sampah Mandiri Di Desa Karangsari, Sapuran, Wonosobo. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1, 1316–1325.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v8i1.3628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is Indexed by: 

Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 

E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt. 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License