PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KECAMATAN PAGELARAN PRINGSEWU, SEBAGAI KAWASAN MINAPOLITAN

Siti Siti Suharyatun, Mohamad Amin, Sri Waluyo

Abstract


Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu merupakan sentra produksi ikan air tawar di Lampung, dan berpotensi dikembangkan sebagai kawasan minapolitan. Bekerja sama dengan DPRPM Kemenristek Dikti dan BP KKN Unila, dilaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) untuk memberdayakan masyarakat kecamatan Pagelaran Pringsewu sebagai kawasan Minapolitan. Tujuan kegiatan KKN-PPM di Kecamatan Pagelaran, KabupatenPringsewu adalah (i) meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa kepada masyarakat, (ii) mengaplikasikan teknologi pengolahan pakan ikan berbahan baku lokal, (iii) meningkatkan pengetahuan pembudidaya ikan tentang sistem budidaya ikan yang baik dan maju, serta (vi) meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu rumah tangga untuk mengolah produk-produk pangan berbahan baku ikan. Program KKN PPM yang dilaksanakan meliputi kegiatan transfer pengetahuan dan teknologi dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat di sekitar lokasi KKN di Kecamatan Pagelaran Pringsewu yang meliputi 5 Pekon (desa), yaitu Pekon Panutan, Pekon Patoman, Pekon Lugusari, Pekon Pagelaran dan Pekon Sukaratu. Kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang telah dilakukan adalah penyuluhan kualitas air dan kesehatan ikan, pelatihan pembuatan pakan ikan berbahan baku lokal, penyuluhan dan pelatihan pembuatan kolam biofolk, pelatihan pembuatan produk-produk berbahan baku ikan, pengemasan produk berbahan baku ikan dan pengemasan

Full Text:

PDF

References


Bidang KKN Tematik Unila. 2012. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Unila Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Tahap I Tahun 2012. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lampung.

Bidang KKN Tematik Unila. 2012. Petunjuk Teknis dan Petunjuk Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Unila Tahap I Tahun 2012. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v3i1.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is Indexed by: 

Batoboh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 

E-ISSN: 2599-1906 | P-ISSN: 2548-5458 | DOI: 10.26887/bt. 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/index
Email: batoboh@gmail.com | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum | Managing Editor: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License