PELATIHAN TARI PERSEMBAHAN BAGI GURU SDN 47 KOTA BENGKULU

Dwi Dwi Anggraini, Hasnawati Hasnawati, Neza Agusdianita

Abstract


Pelatihan dan pendampingan tari Persembahan Propinsi Bengkulu dilatarbelakangi oleh kebutuhan kurikulum akan praktik pembelajaran seni tari di jenjang sekolah dasar dan melestarikan tari tardisional Bengkulu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan
keterampilan guru dalam mempraktikkan tari Persembahan Propinsi Bengkulu. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan pendampingan. Teknik pengumpulan data adalah observasi untuk mendeskripsi proses pelatihan dan praktik tari Persembahan dan tes untuk mengukur peng
etahuan guru (pretest dan postest). Hasil kegiatan ini guru dapat mengikuti proses pelatihan dan praktik dengan baik, serta hasil pretest dan postest menunjukkan peningkatan yaitu hanya 36,36% guru yang mampu mendapatkan nilai ≥ 60 saat pretest, meningkat menjadi 81,82%
guru mampu mendapatkan nilai ≥ 60 saat postest. Simpulan dari kegiatan ini adalah kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan guru sasaran baik dari segi teoretis maupun praktik.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Dwi. (2012). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Model ADDIE untuk Pembelajaran Seni Tari pada Siswa Sekolah Dasar. Tesis Magister Program Studi Pendidikan Seni UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Anggraini, Dwi. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Silat Pedang Metode ADDIE untuk Pembelajaran Seni Tari pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FKIP Universitas Bengkulu. Volume 8 Nomor 3, Mei 2016.

Meilani, Melli. (2016).Studi Deskriptif Sikap Disiplin Dalam Gerak Tari Kreasi Persembahan Propinsi Bengkulu Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SDIT Iqra’ 2 Kota Bengkulu.

Mulyani, Novi. (2006). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Gava Media: Yogyakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2005). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Badan Standar Nasional Pendidikan. Kemendikbud: Jakarta.

Syafrayuda, Dian Rosari (2015). Eksistensi Tari Payung sebagai Tari Melayu

Minangkau di Sumatera Barat. Jurnal Ekspresi Seni Vol 17 No 2 Hal 165-

Padangpanjang November 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v3i2.523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.