BENTUK BAHASA KOMUNIKASI DALAM SENI GRAFITI SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PESAN (STUDI KASUS: PADEPOKAN GRAFITI SALATIGA)

Avin Wimar Budyastomo

Abstract


Seni grafiti merupakan seni kaum urban yang berasal dari Amerika. Awal mula seni grafiti digunakan untuk memprotes pemerintah setempat atau sering disebut vandal. Seiring perkembangan jaman, seni grafiti mulai masuk ke Indonesia dan mendapatkan tempat yang hangat bagi masyarakat Indonesia. Di Indonesia grafiti digunakan sebagai mengekspresikan diri seniman. Dalam penelitian ini mengambil sampel yaitu padepokan grafiti di Kota Salatiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan komunitas grafiti di Kota Salatiga dan untuk mengetahui ragam bahasa yang digunakan oleh seniman grafiti dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat umum. Metode penelitian ini adalah wawancara dan survei secara langsung ke padepokan seni grafiti yang bernama RedDistrict. Parameter yang digunakan adalah penggunaan bahasa dalam berkomunikasi dengan menggunakan gambar. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah keberadaan seniman grafiti di Kota Salatiga telah ada sejak tahun 2003 hingga saat ini. Anggotanya tersebar di wilayah DIY, Jateng, Jatim, Jabar, dan DKI Jakarta. Ragam bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang dipadukan dengan sebuah gambaran, baik karikatur, kaligrafi, maupun abstrak.


Full Text:

PDF

References


Aniyatul Himami, 2014. Usaha Bomber Komunitas “Art Java Crew” dalam Mempertahankan Eksistensi Graffiti di Tengah Pandangan Negatif Masyarakat di Surabaya. Skiripsi Program Studi Sosiologi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Barry, Syamsul. 2008. Seni Jalanan Yogyakarta. Tesis. Magister Ilmu Religi dan Budaya. Universitas Sanata Darma. Yogyakarta.

Prasetya, Teguh. 2014. Analisis Bahasa Graffiti Tembok Di Kota Surakarta : Tinjauan Sosiolinguistik. Jurnal Publikasi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Ums. Surakarta.

Susanto, Mike. 2002. Diksi Rupa. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v3i2.527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.