Pelatihan Pembuatan Properti Tari dengan Memanfaatkan Barang Bekas bagi Guru di SDN 47 Kota Bengkulu

Hasnawati Hasnawati, Dwi Anggraini, Pebrian Tarmizi

Abstract


Kegiatan pelatihan pembuatan properti tari ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SDN 47 dalam membuat properti tari dengan memanfaatkan barang bekas sebagai upaya untuk mengurangi limbah sampah di lingkungan, khususnya lingkungan SD Negeri 47 yang berada di sekitar pemukiman penduduk. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru  yang berjumlah 9 orang. Metode yang digunakan adalah pelatihan yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada kegiatan ini, barang bekas yang dominan digunakan yaitu kardus yang dibuat menjadi properti bertema hewan dan tumbuhan. Guru dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pertama membuat properti tema hewan (lebah) dan kelompok kedua bertema tumbuhan (bunga). Guru membuat properti yang berbeda dari contoh tim PPM dengan detail properti yang lebih kompleks. Simpulan dari kegiatan ini yaitu guru dapat memiliki keterampilan dalam membuat properti tari dengan memanfaatkan barag bekas.


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Offline: diunduh 6 Mei 2018.

Hamzah, S. (2013). Pendidikan Lingkungan. Bandung: Refika Aditama

Hasnah. (2010). Pengetahuan Tari. Padangpanjang: Puslit dan P2M ISI Padangpanjang.

Hidajat, R. (2008). Seni Tari: Pengantar Teori dan Praktek Meyusun Tari Bagi Guru. Malang: Jurusan Seni & Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Kusumastuti, E. (2009). “Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Seni Tari” dalam Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 39, No 2, Desember 2009.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan . Offline: diunduh 6 Mei 2018.

Putri, M. S., Asriati, A., & Indrayuda, I. (2014). Makna Sirih Dalam Tari Makan Sirih Di Tanjung Batu Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun Kepulauan Riau. Jurnal Sendratasik, 2(2), 61-70.

Sekarningsih, F. & Rohayani, H. (2006). Kajian Lanjutan Pembelajaran Tari da Drama I. Bandung: UPI Press.

Sulastri, Y. L., Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 7(2), 84-91.

Swasty, W. (2010). AZ Warna Interior: Rumah Tinggal. PT Niaga Swadaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v4i1.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.