PENGEMBANGAN PRODUK LUKIS LAKUER MENJADI PRODUK KERAJINAN

Husni Mubarat, Rendi Sueztra Chanaldy, Desri Yanto

Abstract


Pengabdian dengan skmea Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan bersama mitra Sanggar Ganesha Art Group Palembang yang aktif dalam kegiatan seni rupa, khususnya seni lukis lakuer. Lakuer sendiri merupakan salah satu kerajinan yang ada di kota Palembang yang bernilai local genius, bernilai estetis dan unik yang tidak dimiliki oleh daerah lain, khususnya di Sumatera. Adapun potensi seni lukis lakuer yang dikembangkan bersama mitra Sanggar Ganesha Art Grup adalah pengembangan desain produk sebagai media seni lukis lakuer, yang sebelumnya hanya berbentuk lukisan dengan bidang 2 dimensi dikembangkan menjadi produk-produk kerajinan dengan bentuk persegi, silinder atau tabung. Tujuan khusus pengabdian ini adalah dalam rangka mengembangkan desain produk dari seni lukis lakuer ke produk seni kerajinan yang dapat diproduksi secara massal, yaitu meningkatkan kuantitas dan kualitas produk melalui transfer teknologi dari kerja manual ke sistem kerja mesin. Tujuan lain adalah melakukan pelatihan mengenai tata kelola manajemen produksi dan keuangan Sanggar Ganesha Art Group agar dapat menjadi usaha kreatif yang bernilai ekonomi dan profesional. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dalam bentuk pelatihan dan workshop pengembangan desain dan manajemen produksi secara langsung dengan sistem kerja yang didukung oleh peralatan tekhnologi mesin serta manajemen pengelolaan keuangannya. Pelaksanaan pengabdian juga melakukan metode promosi melalui media online agar dapat meningkatkan penjualan produk.


Full Text:

PDF

References


Sachari, Agus. 2003. Pengantar Metodologi Penelitian Budaya Rupa Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya. Jakarta: Erlangga.

Saragih, Meriati S, dkk. 1997. Kerajinan Lak Palembang. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Sumatera Selatan, Palembang.

Prosiding Seminar Nasional Seni Kriya. 2009. Ed.,Purwito. Timbul Raharjo “Industri seni kriya sebagai Media Percepatan Kesejahteraan Ekonomi Kerakyatan”. Yogyakarta: LPPSK.

https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT. Diakses 10-10-2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v4i2.901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.