HIEGENE DAN SANITASI CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI KELURAHAN KEBUN BUNGA KECAMATAN SUKARAMI KOTA PALEMBANG

Zalili Aziz, Aseptianova Aseptianova, Sulton Nawawi, Eka Haryati Yuliany

Abstract


Perilaku higiene dan sanitasi cuci tangan pakai sabun merupakan investasi kesehatan yang paling murah dan efektif untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit. Cuci tangan pakai sabun adalah hal kecil namun berdampak besar bagi kesehatan manusia. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah adanya peningkatan pengetahuan, kemampuan serta peran aktif PKK, dasawisma dan masyarakat tentang higiene dan sanitasi cuci tangan pakai sabun sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pengabdian masyarakat ini menggunakan model partisipatif dan deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan perilaku penduduk mengenai higiene dan sanitasi dalam menerapkan cuci tangan pakai sabun. Simpulan dalam pengabdian ini 1) Pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan higiene dan sanitasi cuci tangan pakai sabun. 2) Responden menyadari bahwa dengan mencuci tangan pakai sabun dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. 3) Responden memahami dan mengetahui kegunaan serta waktu penting tantang cuci tangan pakai sabun.


Full Text:

PDF

References


Elytha, 2009. Survey Rumah Tangga PHBS di Kota Bukit Tinggi Tahun 2006. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol 3, No. 2.

Geria, 2015. Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Ketersediaan Sarana dengan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun untuk Mencegah Diare, ISPA pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Ampenan Tengah Kota Mataram. Jurnal Media Bina Ilmiah. Vol. 9, No. 1.

Kampunu, Jumiati. 2012. Hubungan Hygiene Penjamah Makanan dengan Keberadaan Bakteri Escherchia coli pada Sambal di Kantin di Lingkungan Asrama Mahasiwa Nusantara UNG. Skripsi tidak diterbitkan. Gorontalo. FAkultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan Universitas Negeri Gorontalo.

Kushartant, 2012. Beberapa faktor yang Mempengaruhi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Studi di Sekolah Dasar Negeri Brebes 3 Tahun 2012. Tesis tidak diterbitkan. Diponegoro. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Megaria, dkk. 2013. Hubungan antara Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Terjadinya Diare pada Anak Usia Sekolah di SD Gmim Dua Kecamatan Tareran. Jurnal Keperawatan. Vol 1, No.1.

Muflih, 2012. Hubungan Pengetahuan Ibu terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebagai Pencegahan Diare pada Balita. (Online), (http://Journal.respati.ac.id/index.php/ilmukeperawatan/article/download/231/205, diakses tanggal 4 Juni 2019).

Sopacua, dkk. 2011. Hubungan Akses Air Bersih dengan Perilaku Cuci Tangan PAkai Sabun pada Rumah Tangga yang Mempunyai Balita di Indonesia. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. Vol 14, No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v4i2.902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.