PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT REMAJA SEHAT REMAJA BERPRESTASI DI KELURAHAN LIMO, KECAMATAN LIMO, KOTA DEPOK TAHUN 2019

Ritanti Ritanti, Nourmayansa Vidya Anggraini

Abstract


Kelurahan Limo merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Limo, Kota Depok, Propinsi Jawa Barat. Wilayah ini berada di daerah perkotaan dengan luas wilayah 12.12 km2 dan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan 110.275 jiwa (bps, 2016). Hasil studi pendahuluan pada mitra didapatkan data bahwa program perencanaan pada individu remaja Kelurahan Limo saat ini belum optimal; kurangnya informasi, pengetahuan dan pemahaman terkait dengan perencanaan kesehatan; sebagian besar masyarakat belum ada kesadaran untuk berperan serta dalam pembuatan perencanaan pada masa yang akan datang; rendahnya keterampilan/kecakapan hidup (life skills) remaja dalam melakukan peningkatan perencanaan kehidupan. Berbagai dampak yang ditimbulkan adalah remaja belum mempunyai perencanaan dalam hidupnya, baik rencana jangka pendek maupun jangka panjang sehingga aktivitas remaja berjalan tanpa tujuan dan berdampak pada masalah kesehatan remaja. Rendahnya perencanaan remaja ini juga mempengaruhi remaja dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam pembuatan perencanaan kehidupan supaya kegiatan remaja sehari-hari lebih terarah, khususnya perencanaan masalah kesehatan remaja. Simpulan dari kegiatan ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan dan keterampilan pada remaja dalam membuat perencanaan kehidupan, baik tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Full Text:

PDF

References


Allender, J.A. Rector, C. Warner, K.D. (2010). Community Health Nursing Promoting & Protecting the Public’s Health 7th Edition. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins

Balitbangkes. (2007). Riset Kesehatan Dasar Indonesia Tahun 2007. Jakarta: Depkes RI.

Depkes RI. (2009). Rencana Pembangunan Jangka Panjang Bidang Kesehatan 2005-2025. Jakarta: Depkes RI. Diunduh dari http://www.kmpk.ugm.ac.id/images/Semester_2/Blok%201%20-%20Sistem%20Kesehatan/Referensi%20Sesi_3_Blok_I_Rencana_RPJPK_2005-2025.pdf pada tanggal 18 Oktober 2019.

Friedman, M. (2010). Keperawatan keluarga : Teori dan Praktik. Edisi 5. Jakarta : EGC.

Friedman, M. M., Bowden, V. R., dan Jones, E. G. (2010). Family Nursing: Research, Theory, dan Practice. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kelly MP, Barker M. (2016). Why is changing health-related behaviour so difficult? Missouri: Elsevier.

Kemenkes RI. (2016). Pedoman Umum Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga. Jakarta: Kemenkes RI.

Nies, M.A. & McEwen, M. (2014). Community/Public Health Nursing: Promoting The Health Of Populations. St. Louis: Saunders Elsevier.

Sally H. Rankin, Karen Duffy Stallings, Fran London. (2005). Patient Education in Health and Illness. Lippincott: Williams & Wilkin

Stanhope, M., dan Lancaster, J. (2016). Public Health Nursing Population Centered Health Care in The Community (9th ed.). Missouri: Elsevier.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bt.v4i2.955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.