“INTERPRETASI MOTIF ORNAMEN BADA MUDIAK DI MINANGKABAU”

Sabri Marba, Ediwar Ediwar

Abstract


Abstrak

 

Tulisan ini bertujuan untuk memahami falsafah motif bada mudiak di Minangkabau, menafsir kembali hubungannya dengan falsafah “alam takambang jadi guru”. Tentang penciptaan motif, hubungannya dengan alam dan reinterpretasi motif yang berlandaskan doktrin adat Minangkabau yaitu Adat bersendi syara’, syara’ bersendi Kitabullah. Menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui studi pustaka. Orang Minangkabau menamakan tanah airnya Alam Minangkabau. Pemakaian kata alam itu mengandung makna yang tidak bertara, seperti yang diungkapkan dalam mamangannya: Alam takambang jadi guru. Penciptaan karya ornamen Bada Mudiak di Minangkabau merupakan ekspresi dari hasil interpretasi yang berasal dari pengamatan terhadap alam, seperti tumbu-tumbuhan, hewan, serta benda keperluan sehari-hari. Seni Islam menolak untuk menggambarkan manusia dan mahkluk hidup karena ada keyakinan dan kepercayaan yang mengarahkan senimannya ke arah produk kreatif tertentu, doktrin Adat bersendi syara’, syara’ bersendi Kitabullah, meletakkan agama Islam sebagai sumber utama dalam pandangan hidup orang Minangkabau, sehingga visualisasinya cendrung mengarah pada seni yang abstrak (sarian) dan geometrik.

 

            Kata Kunci : Alam,Abstrak, Bada Mudiak, Hulu

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

AA. Navis, (1984), Alam Terkembang Jadi Guru, Grafiti Pers, Jakarta.

Ahmad Maulana dkk, (2009), Kamus Ilmiah Populer, Absolut, Yogyakarta.

Bahar, Mahdi, (2004), Seni Tradisi Menentang Perubahan, Bunga Rampai, STSI Padangpanjang Press, Padangpanjang.

Couto, Nasbahry, (2008), Budaya Visual Seni Tradisi Minangkabau, UNP Press, Padang.

Eaton, Marcia Muelder, (2010), Persoalan-persoalan Estetika, (terjemahan Embun Kenyowati Ekosiwi), Salemba Humanika, Jakarta.

Sony Kartika, Dharsono, (2004), Seni Rupa Modern, Rekayasa Sain, Bandung.

Sony Kartika, Dharsono, (2007), Kritik Seni, REKAYASA SAIN, Bandung.

Susanto, Mikke, (2011), DIKSIRUPA, DictiArt Lab, Yogyakarta & Jagad Art Space, Bali.

Soedarso Sp, (2006), Trilogi Seni, Penciptaan, eksistensi, dan Kegunaan Seni, BP ISI Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v1i1.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni 

E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@isi-padangpanjang.ac.id | jurnal.isipp@gmail.com
Editor in Chief: Prof. Dr. Andar Indra Sastra, M.Hum 
Publisher: LPPM ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.