Penciptaan Karya Tari “DUALISME” : Dua Perasaan yang Bertolak Belakang

Fattahul Anugraha, Sherli Novalinda, Wardi Metro

Abstract


Karya tari “Dualisme”  terinspirasi dari Gangguan Psikis yang ada di sekitar masyarakat. Gangguan tersebut adalah ‘Gangguan Bipolar’, merupakan gangguan mood atau suasana hati yang kronis ditandai dengan episode manik (bahagia), episode depresi mayor (sedih), dan episode campuran. Untuk menggarap konsep ini pengkarya mempunyai ide garapan, menggunakan ekspresi wajah serta tubuh sebagai media ungkap dan komunikasi serta properti kerangka pintu di tengahnya memiliki papan sekat berwarna merah dan hitam yang diinterpretasikan sebagai ruang pembeda dan pembatas antara manik dan depresi mayor. Metode yang digunakan dalam karya ini di antaranya, observasi, pengolahan data, studi pustaka, pemilihan pendukung karya, eksplorasi, penataan gerak, improvisasi, dan evaluasi. Karya ini terdiri dari tiga bagian, bagian pertama menggambarkan episode manik, bagian kedua menggambarkan episode depresi mayor, dan bagian ketiga menggambarkan episode campuran

Keywords


Gangguan Bipolar; Manik; Depresi; Campuran; Karya Tari

Full Text:

PDF

References


Alma M Hawkins. Creating Through Dance (Mencipta Lewat Tari terjemahan Y. Sumandiyo Hadi). Manthili Yogyakarta. 2003.

Adirozal, “Pengantar Tata Teknik Pentas”. Padangpanjang: ASKI. 1995.

D. Elvira, Sylvia, Gitayanti Hadisukanto. Buku Ajar PSIKIATRI. Jakarta: Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia 2013.

Denny Maiyosta. “ Laporan Karya Tari “DENAI” ”. Pascasarjana Institut Seni Indonesia Padangpanjang. 2013

Drs. Peter Salim, Yenny Salim. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press. 1991.

Dwi Asti Wulanjani.” Laporan Karya Tari “Tegar Membelenggu””. Institut Seni Indonesia Padangpanjang. 2013

Hidayat, Robby. Koreografi dan Kreatifitas. Yogyakarta: Kendil Media Pustaka Seni Indonesia. 2011.

Jacqualine Smith. “Dance Composition” A Practical Guide for Teachers (“Komposisi Tari” Sebuah Petunjuk Praktis bagi Guru, terjemahan Ben Suharto). Ikalasti Yogyakarta. 1985.

Lovia Triyuliani.”Laporan Karya Tari “Ambivalent Person”“. Institut Seni Indonesia Padangpanjang. 2016.

Muhammad Ali. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Amani. 2000.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umun Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka. 1976.

Sal Murgianto. Ketika Cahaya Merah Memudar Kritik Tari. Jakarta: elkhapi. 1993

Saaduddin, S., & Novalinda, S. (2017). Pertunjukan Teater Eksperimental Huhh Hahh Hihh: Sebuah Kolaborasi Teater Tari. Ekspresi Seni, 19(1), 39–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v19i1.128

Suaida, Novalinda, S., & Erman, S. (2018). Konsep Ritual Dalam Penciptaan Karya Tari Gilo Lukah. Jurnal Laga-Laga, 4(2), 129–139. http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Lagalaga/article/view/429

Sumandiyo, Hadi Y. Koreografi Bentuk Teknik dan Isi. Yogyakarta: Cipta Media. 2012.

Sumaryono. Restorasi seni dan transformasi budaya.Yogyakarta: lembaga kajian pendidikan. 2003.

WEBTOGRAFI

Jiwo Tirto. “ Mengenal Gangguan Bipolar ”. Buku Online.2012

https://m.youtube.com/results?q=bipolar%20the%20movie&sm=1 diunduh pada tanggal 05 Oktober 2016

http://documents.tips/documents/gangguan-psikomotor.html diunduh pada tanggal 03 Februari 2017

http://www.Teaterku.wordpress.com diunduh pada tanggal 10 Juni 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/bcdk.v6i1.3727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Bercadik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni 

E-ISSN: 2807-3622, P-ISSN: 2355-5149 | DOI: 10.26887/bcdk.
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/index
Email: bercadik@gmail.com | bercadik@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn
Publisher: Program Pasca Sarjana ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.