ESTETIKA MUSIK ZAPIN SEBAGAI BUDAYA POPULER DI PEKANBARU

Ahmad Nafis, Rosta Minawati, Ediwar Ediwar

Abstract


 

ABSTRAK

 

Musik Zapin di Kota Pekanbaru sebagai budaya populer merupakan fenomena pergeseran konsep, bentuk, fungsi, estetika dan makna bagi masyarakat pendukungnya. Pendekonstruksian pola-pola tertentu (tradisi) kepada keseragaman, standarisasi, pencitraan, kapitalisme, kreatifitas dan inovasi seniman. Secara praktis hal tersebut sebagai bentuk kreativitas dan inovasi seniman dalam berkarya, baik kaitan pengembangan ataupun pelestarian seni budaya Melayu. Musik Zapin sebagai budaya populer memiliki estetika posmodern, di antaranya: Parodi, pastiche, parodi, kitsch, camp, dan skizofrenia. Pertunjukan musik Zapin mengalami pergeseran nilai-nilai keteradisiannya (konsep estetika tradisi) ke estetika modern bahkan posmodern. Pergeseran tersebut oleh karena perubahan sosial masyarakat Kota Pekanbaru. Keterbukaan dan homogenitasan, baik etnis dan budaya menciptakaan keterbukaan ruang bagi pertunjukan musik Zapin untuk beradaptasi dengan ruang dan kebutuhan masyarakatnya. Oleh sebab itu, pertunjukan musik Zapin sebagai budaya populer (estetika profan).

 

Kata Kunci: Komodifikasi, Budaya Populer, Musik Zapin, dan Kota Pekanbaru

 

 

ABSTRACT

 

Music Zapin in Pekanbaru as popular culture is a phenomenon of shifting concept, form, function, aesthetics and meaning to community supporters. Pendekonstruksian certain patterns (traditions to uniformity, standardization, imaging, capitalism, creativity and innovation of artists. Practically it is a form of creativity and innovation in the work of artists, both regard the development or preservation of Malay culture and art. Zapin music as popular culture has a postmodern aesthetic, including: parody, pastiche, parody, kitsch, camp, and schizophrenia. Zapin music performances shifting values keteradisiannya (traditional aesthetic concept ) to the modern aesthetic and even postmodern. The shift is due to social change Pekanbaru. Openness and homogenitasan, both ethnic and cultural openness menciptakaan Zapin space for musical performances to adapt to the space and the needs of society. Therefore, musical performances Zapin as popular culture (aesthetic profane).

 

Keywords: Commodification, Popular Culture, Music Zapin, and the city of Pekanbaru

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Barker, Chris. 2005. Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Bentang.

David Jary dan Julia Jary, Collins. 1991. Dictionary of Sociology. Glasgow: Harper Collins Publisher.

Kasiyan. 2008. Manipulasi dan DehumanisasiDalam Iklan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kayam, Umar. 2000. “Seni Pertumjukan Kita,” Gobal/lokal Jurnal Seni Pertunjukan Indnesia. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI).

Khuta Ratna, I Nyoman. 2006. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme: Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

___________________. 2007. Estetika Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka.

Piliang, Yasraf Amir, 2003. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Jakarta: Jalasutra.

Piliang, Yasraf Amir. 2006. ”Antara Homegenitas dan Heterogenitas: Estetika dalam Culture Studies” Makalah Udayana Bali: Program Kajian Budaya.

Sachari, Agus. 2000. Estetika, Makna, Simblol dan Daya. Bandung: Penerbit ITB.

Saryono, Djoko. 2006. Pergumulan Estetika Sastra di Indonesia. Malang: Pustaka Kayutangan.

Sedyawati, Edi. 2006. Budaya Indonesia, Kajian Arkeologi, Seni, dan Sejarah . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumarjo, Jakob. 2000. Filsafat Seni. Bandung. Penerbit ITB.

Sutrisno, Mudji dan Christ Verhaak. 1993. Eatetika Filsafat Keindahan.Yogyakarta: Penerbit Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats