DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA

Ary Leo Bermana, Rosta Minawati, Heldi Heldi

Abstract


ABSTRAK

 

Kota Bukittinggi merupakan salah satu  kota pariwisata yang ada di Indonesia. Letak geografis dan sumber daya alam menjadi aset bagi kota Bukittinggi sebagai kota pariwisata. Hal ini karena banyaknya objek wisata yang menarik, menjadikan kota ini dijuluki sebagai "kota wisata". Ngarai Sianok merupakan salah satu objek wisata alam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan  baik itu dari dalam maupun luar negeri, dimana terdapat taman Panorama yang memungkinkan wisatawan untuk melihat keindahan pemandangan Ngarai Sianok tersebut. Pengembangan promosi pariwisata Bukittinggi dalam bentuk animasi, dapat meningkatkan reabilitas komunikasi dan mengatasi keterbatasan waktu dan jarak sehingga apa yang ditampilkan menarik perhatian dan dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif. Animasi juga dapat membuat sesuatu itu memiliki karakter yang unik sehingga mudah diingat dan dikenal, bahkan disukai banyak orang. Melalui animasi, diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan di Bukittinggi.

 

Kata Kunci: Bukittinggi. Pariwisata. Animasi. Media promosi

 

ABSTRACT

 

Bukittinggi is one of tourism city in Indonesia, Geographic location and natural resources become an asset to the city as a tourism Bukittinggi, this is because the number of interesting attractions, make this city dubbed as a "tourist town". Canyon Sianok is one of the natural attractions which are visited by tourists both from within and outside the country, where there are parks Panorama that allows tourists to view the scenic beauty of the canyon Sianok.  Development of tourism promotion Bukittinggi in animated form, can improve communication reliability and overcome the limitations of time and distance so that what is displayed to attract attention and can create dynamic and interactive presentations. Animation can also create something that has a unique character that is easy to remember and is known, even well like, through animation is expected to increase tourist arrivals in Bukittinggi.

 

Key word: Bukittinggi, Tourism, Animation, Medium Promotion.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital-Dasar Teori Dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bukittinggi#Sejarah

http://en.wikipedia.org/wiki/Motion_graphics

Ivan. 2002. Macromedia Flash 4. Yogyakarta: Andi.

Jhonson dalam The Liang Gie.1996. Filsafat Keindahan. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.

Jon Krasner. Motion Graphic Design (Applied History And Aesthetics). UK: Focal Press. 2008.1

Naibaho, Togama dan Murwonogroho, Wegig,. 1998. Metodeloogi Riset SeniRupa dan Desain. Jakarta: Universitas Trisakti.

Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada

Program Studi DKV FSR ISI Yogyakarta. 2007. Irama Visual: Dari Tukang Reklame Sampai Komunikator Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Sachari, Agus. 2002. Estetika: Makna, Simbol dan Daya . Bandung: ITB

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta: Jalasutra.

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta.

University.

www.bukittinggikota.go.id

Yoeti, Oka A. 2006. Pariwisata Budaya: Masalah dan Solusinya. Jakarta: Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats