SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT PARIANGAN DALAM KARYA FILM DOKUMENTER “ISHLAH”

Nolly Media Putra, Ediwar Ediwar, Gerzon Ajawaila

Abstract


 

ABSTRAK

Karya film dokumenter “Ishlah” merupakan sebuah karya yang terinspirasi dari peristiwa sosial budaya. gagasan dasar diusung berdasarkan beberapa kebiasan bersama masyarakat nagari Pariangan yang dinilai sebagai ruang sosial, sekaligus wadah bagi semua lapisan masyarakat dalam dalam membina hubungan silaturahmi antar sesama, baik itu kebiasaan sehari-hari ataupun kebiasaan-kebiasan seperti upacara adat bahkan keagamaan (upacara Ratik Tagak dan Maulid Nabi) Tema yang diacu adalah nilai sosial budaya yang terdapat pada setiap kebiasan, selain fungsi dasarnya sebagai wadah spiritual, beberapa dari kebiasaan tersebut juga merupakan sebagai ruang sosial (media) yang mampu mempersatukan hubungan antarsesama dan mempererat hubungan silaturahim. Metode garapan dilakukan melalui riset, pengolahan data, penulisan naskah berupa treatment, proses shooting dan editing. Karya ini dibagi kedalam lima segmen. Bagian pertama memvisualkan geografis daerah, bagian kedua, sistem mata pencaharian, bagian ketiga, memvisualkan unsur relegius dan aktivitas mayarakat (anak-anak belajar mengaji, para pemuda belajar pasambahan dan main koa. Pada bagian keempat menggambarkan upacara Ratik Tagak dan Maulid Nabi. Bagian kelima adalah bagian penutup, menggambarkan beberapa rumah gadang yang telah ditinggalkan bahkan sudah mulai rusak, pada bagian ini juga digambarkan beberapa orang yang sedang memperbaiki rumah gadang yang telah rusak tersebut.

 

 

Kata Kunci: Dokumenter, Upacara Ratik Tagak, Maulid Nabi, silaturrrahmi, nilai sosial.

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Ishlah is a documentary movie wich inspired by local culture. Basic idea contructed by social behaviour of  peoples who life in Pariangan this social behaviour contains whole peoples live activity such daily activity and cultural ceremony and religious ceremony. ( Ratik Tagak dan Maulid Nabi). The Theme is about social-cultural value in each behaviour, beside the base function in religion, some behaviuours are social-media wich unite the relationship (silaturahim). Production method starts by research, analising, making the script as treatment, shooting and editing. This documentary movie contains 5 segments. First segment, visualizing landscape of location. The second segment visualizing the economic and social system. The third segment visualizing the religious path and peoples activity (the children learns Al-Qur’an, the teenager learn pasambahan dan playing koa. In the fourth segment, visualizing the traditional foclore Ratik Tagak  and Maulid Nabi. The five segment is the last part, visualizing the traditional architecture =, Rumah Gadang, wich had been leaved, poor condition and the same segment, also visualizing some people try to reconstruct the Rumah gadang.

 

Key word: Documentary, Ritual Ratik Tagak and Maulid Nabi, social behaviour contains.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ayawaila. Gerzon. 2010R. Produksi Dokumenter Dari Perencanaan Hingga Produksi. Jakarta : FFTV IKJ Press

Esten. Mursal. 1993Minangkabau Tradisi dan Perubahan. Padang. Angkasa raya

____________. 1999. Desentralisasi Kebudayaan. Bandung. Angkasa.

Himawan. Pratista, 2008. Memahami Film, Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Kafalan, Dafid dan Albert A. Manners . 2002. Teory Budaya. Jakarta : Pustaka Pelajar

Mascelli. Josep. V. 1986. The five C’ of Cinematograhy, terjemahan H.M.Y. Biran . Jakarta: Yayasan citra.

Simatupang. Lono 2013. Pergelaran. Yogyakarta : Jala Sutra

Thompson. Roy dan Christopher J. Bowen. 2009. Grammar of the Edit. United States of America: Elsevier Inc,

Tanzil. Chandra, dkk. 2010. Pemula Dalam Dokumenter : Gampang Gampang Susah. Jakarta : In-Docs.

Wiboyo. Fred. 2007. Kebudayaan Yang Menggugat. Yogyakarta. Pinus Book Publisher.

___________, 2009. Produksi Program Televisi. Yogyakarta : Pinus Book Publisher

http://id.wikipedia.org/wiki/Pariangan,_Pariangan,_Tanah_Datar

http: //id.m.Wikipedia.org/wiki/Film_dokumenter.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

View My Stats