Transformasi Langkah Tradisi Silek Tuo Gunuang Menjadi Silek Lanyah di Kubu Gadang Kelurahan Ekor Lubuk Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang

Nurfitri Nurfitri, Suharti Suharti, Emzia Fajri

Abstract


Penelitian ini membahas tentang “Transformasi Langkah Tradisi Silek Tuo Gunuang menjadi Silek Lanyah di Kubu Gadang Kelurahan Ekor Lubuk Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang”. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu Metode Kualitatif. Bentuk analisis data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dengan narasumber dan dokumentasi. Dalam penelitian yang berjudul “Transformasi Langkah Tradisi Silek Tuo Gunuang menjadi Silek Lanyah di Kubu Gadang Kelurahan Ekor Lubuk Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang”, dapat ditarik kesimpulan Silek Lanyah merupakan pertunjukan seni pengembangan dari langkah Silek Tuo Gunuang dan tari Sakin atau Tari Sewah. Dalam transformasi langkah tradisi Silek Tuo Gunuang dan Silek Lanyah terdapat beberapa bentuk gerakan yaitu Lapak Buayo, Tangkok Lua, Tangkok Dalam, Pilin, Loncek Harimau, Guntiang Kapalo dan Guntiang Kaki. Proses transformasi langkah Silek Tuo Gunuang dan silek lanyah memiliki perbedaan. Proses dalam memainkan Silek Tuo Gunuang tidak memiliki aturan yang pasti dalam geraknya, sedangkan pada Silek Lanyah memiliki aturan tetap dalam setiap atraksinya. Selain itu dalam segi tempat atau sasaran pada Silek Tuo Gunuang dan Silek Lanyah berbeda, Silek Tuo Gunuang dilakukan di halaman Surau sedangkan Silek Lanyah di area persawahan yang Lanyah.


Keywords


Transformasi, Langkah Silek Tuo Gunuang, Silek Lanyah

Full Text:

PDF

References


A Egidya. 2019. “Eksistensi Silek Lanyah sebagai permainan anak Nagari Di Kota Padang Panjang”. Skripsi. Padang: Universitas Andalas Padang.

Hasbi, A. 2017. Transformasi Nilai-nilai Kearifan Lokal (Local Genius) Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Bangsa Pada SMA Se- Kabupaten Simeulue. Jurnal PKn Progresif, 530.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakrata : PT. Rineka Cipta.

Kuntowijoyo. 2006. “Budaya dan Masyaraka”t. Yogyakarta: Tiara Wacana.

M.F.V.Wardhana. 2019. “Silek Tuo di Nagari Gunuang Kelurahan Ekor Lubuk Kecamatan Padang Panjang Timur Provinsi Sumatera Barat (Analisis Interaksionisme Simbolik George Herbert Mead)”. Skripsi. Riau: Universitas Riau.

Moleong, L. J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peursen, Van. 1976. Strategi Kebudayaan. Jakarta: Kanisus.

Ranah Research. 2018. “Pengertian Metode Penelitian dan Jenis-Jenis Metode Penelitian”. http://ranahresearch.com/metodepeneliti-dan-jenis-metodepenelitian/ (diakses tanggal 24 Februari 2021).

Sugiyono. 2012. ”Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung: ALFABETA

Sutarjo Adisusilo, J.R. 2012.“Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers

Tempo.co. 2017. “Silek Lanyah Andalan Kampung Wisata Kubu Gadang”. http:/travel.tempo.co/sileklanyahm enarikwisatawan/(diakses tanggal15 Januari 2021).

Unismus.ac.id. 2017. “BAB II Kajian Pustaka”. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/ upload/5619-BAB_II.pdf (diakses tanggal 01 Juli 2021)

Wahyudy, Sugeng Nur 2017. Transformasi Budaya Tradisi Masyarakat Agraris Pada Generasi Muda. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ethnography : Journal of Cultural Anthropology

E-ISSN 3031-1616 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ethno/index
Email: thnography@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Endrizal, S.Fil.I., M. A. | Managing Editor: Septriani, S.S., M.A.Thegar Risky.S.Kom | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 



Ethnography : Journal of Cultural Anthropology© 2021 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International