Pengaruh Resiprositas Terhadap Pembayaran Pinjaman Dana Usaha dalam Konteks Budaya Minangkabau, Batak dan Jawa

Jelly Jelly

Abstract


Kebudayaan merupakan alat bagi masyarakat untuk menentukan tingkah laku sekaligus sarana yang menjadi manisfestasi dari pesepsi dan kognisi masyarakat. Kebudayaan bisa sebagai blue print sekaligus sebagai hasil dari tingkah laku masyarakat.  Salah satu yang menjadi nilai budaya masyarakat adalah adanya resiprositas dalam masing-masing kebudayaan yang dalam hal ini difokuskan terhadap masyarakat Minangkabau, Batak dan Jawa. Masyarakat di Kelurahan Bantuang Taba memiliki koperasi yang memfasilitasi pinjaman untuk pengembangan usaha mikro dan rumah tangga.  Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Minangkabau, Batak dan Jawa Kelurahan Kelurahan Batuang Taba. Tujuan riset ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kebudayaan terhadap pembayaran pinjaman usaha di KJKS Kelurahan Batuang Taba. Data yang didapatkan melalui wawancara2 dan observasi dianalisis menggunakan teori kebudayaan yang dikemukakan oleh Selo Soemardjan. Hasil riset ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berbanding lurus antara tingkat resiprositas dan pembayaran angsuran bulanan PDU di KJKS Kelurahan Batuang Taba. Hasil dari riset ini bukanlah untuk menunjukkan budaya mana yang lebih unggul tetapi untuk mengemukakan pengaruh budaya terhadap persepsi dan tingkah laku masyarakatnya dalam meminjam.


Keywords


Culture, Loan Funds, Perception, Reciprocity

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Hesti Asriwandari.2014. “Tradisi Sinoman Sebagai Sistem Pertukaran Sosial di Dalam Pelaksanaan Pesta pernikahan Adat Jawa (Studi Pada Masyarkat Transmigrasi Di Desa Pasir Jaya Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu).” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Riau (1) 1-15.

Bakhri Syamsul. 2018. “Resiprositas Dalam Sunat Poci dan Mantu Poci Masyarakat Tegal”. Jurnal Analisa Sosiologi 7(1) 94-109.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1998) Cet. ke-1, h. 689

Ilyas, Yunahar. 2006. Ketaraan Jender dalam Al Qur’an: Studi Pemikiran Para Mufasir. Yogyakarta: Penerbit Labda Press.

Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma

Kuntowijoyo. 2006. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara wacana

Lincoln, N. K. 2009. Handbook of Qualitative Research. California: Sage Publication.

Marbun, M.A dan Hutapea. I. M. T. 1987. Kamus Budaya Batak Toba. Jakarta: Balai Pustaka.

Marzali, Amri. 2001 “Dapatkah Sistem Matrilineal Bertahan Hidup di Kota Metropolitan?”, dalam Jurnal Antropologi Indonesia volume 24. No 61. Halaman 1-15,

Pasaribu, Ben M. 2004. Musikalitas dan Etnisitas menghasilkan Pluralitas Dalam Musik Etnik.Medan: Pusat Dokumentasi Kebudayaan Batak HKBP Nomensen.

Rismawati.2011. “Perkawinan dan Pertukaran Batak Toba (Sebuah Tinjauan Strukturalisme Antropologi).” Jurnal ACADEMICA Fisip Untad (3) 1-20.

Salman, Andin H Taryoto. 2016. “Pertukran Sosial Masyarakat Petambat(Kajian Struktur Sosial Sebuah Desa Kawasan Pertambakan di Sulawesi Selatan.” Jurnal Agroekonomi (1) 1-18.

Sari Wulan Purnama. 2018. “Studi Pertukaran Sosial dan Peran Nilai Agama dalam Menjaga Kerukunan Antar Kelompok Umat Beragama di Manado.” Profetik Jurnal Komunikasi (11) 96-105.

Sihombing, T. M. 1986. Filsafat Batak: Tentang Kebiasaan-kebiasaan Adat Istiadat. Jakarta: Balai Pustaka

Sihombing, T.M. 1986. Filsafat Batak Tentang Kebiasaan-kebiasaan Adat istiadat. Jakarta: Balai Pustaka.

Soejono dan Abdurrahman. 1997. Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapan. Jakarta: Rineka Cipta

Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Udin Nur Hidayat Wakhid. 2016. Perspektif Islam Tentang Resiprositas Hubungan pelestarian Alam dan Kehidupan Sosial. Maraji: Jurnal Studi keislaman (2) 1-27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ethnography : Journal of Cultural Anthropology

E-ISSN 3031-1616 | DOI: 10.26887/ekspresi 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ethno/index
Email: thnography@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Endrizal, S.Fil.I., M. A. | Managing Editor: Septriani, S.S., M.A.Thegar Risky.S.Kom | Elfira Roza, S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 



Ethnography : Journal of Cultural Anthropology© 2021 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International