TARI MANCAK PADANG SEBAGAI LEGITIMASI GURU SILEK PADA UPACARA MAURAK BALABEK

Moniarsih moniarsih, Surherni Surherni, Yarlis Yarlis

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengungkap tari Mancak sebagai tari tradisional yang hadir dalam upacara Maurak Balabek di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Teori yang digunakan yaitu teori legitimasi  dikemukakan oleh Marc Suchman dan teori identitas oleh Barker. Penampilan tari Mancak Padang merupakan proses yang menentukan dalam pengesahan atau legitimasi pengangkatan status sosial Guru Silek. Apabila proses dan syarat telah terpenuhi berarti status guru silat dapat berubah  dan identitas dirinya di tengah masyarakat juga  berubah. Pengesahan tersebut diberikan oleh Penghulu Kaum dan niniak mamak setelah menyaksikan kemampuan Guru Silek dalam menampilkan tari Mancak Padang.Pengangkatan tersebut dilakukan melalui beberapa proses yaitu 1)Arak-arakan, 2)Penyembelihan kerbau, 3)Jamuan makan siang, 4)Acara pembukaan, 5)Penampilan kesenian anak nagari, dan 6)Mangilekan padang. Mangilekan Padang dilakukan dengan menarikan tari Mancak Padang. Kehadiran tari Mancak Padang memberikan gambaran factual bahwa tari Mancak Padang merupakan bagian dari upacara pengangkatan status sosial Guru Silek dan legitimasi Guru Silek pada masyarakat Kecamatan Kuranji yaitu Maurak Balabek.


Keywords


Tari Mancak Padang, Legitimasi, Identitas, Guru Silek

Full Text:

PDF

References


Anya Peterson Royce.2017.Antropologi Tari Terjemahan F.X Widaryanto. Bandung: Sunan Ampu Press STSI Bandung.

Daryusti.2007.Hegemoni Penghulu Dalam Perspektif Budaya.Yogyakarta: PustakaNasional.

David. L Dephouse, Mark Suchman.2008. Legitimacy InOrfanizational Institutionalism.

Fani Putri Anggraini, Herlinda Mansyur, Susmiarti. 2013. “Upaya Pengembangan TariMancak Padang di Nagari Pauh XI. Universitas Negeri padang

Hermien Kusmayati. 2000.Arak-arakan Seni Pertunjukan dalam Upacara Tradisional di Madura.Yogyakarta:Yayasan untuk Indosesia.

Irwandi. 2007. “Perkembangan Pola Pendidikan Silat Pauh Di Perguruan Singo BarantaiTahun 1960-2012. Jurnal Pascasarjana ISI Padang Panjang.

Kartika Dian Fatra.2015.”Upaya Pewarisan Tari Mancak Padang Masyarakat Pauh XI di KcamatanKuranji Kota Padang.Skripsi Universita Negeri Padang.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantatif.(Cetakanke 31).Bandung: P.T Remaja Rosdakarya.

Nerosti.2019.”Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Tari Galombang Gaya Sasaran Sebagai Sarara Pendidikan Kultural”.Jurnal Tari Teater dan Wayang Vol.2 No.2.Yogyakarta.

Nurmalena, Syifa Nurfadillah,Yarlis.2018.”Tari Galombang Masyarakat Koto Kaciak Nagari VII Kec.GuguakKab. 50 Kota.JurnalLaga-Laga Vol.4 No.1. ISI Padang Panjang

Ponny Harsanti. 2011. “Corporate Social Responbility danTeori Legitimasi”. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Soedarsono.2000.Seni Pertunjukan di Era Globalisasi.Yogyakarta: GadjahMada University Press

UchyIsra Windy. 2020. “Pewarisan Silat Pauh Di Perguruan Silaturahmi Di Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang”. Jurnal Sendratasik Universitas Negeri Padang

Y.Sumandiyo Hadi.2007.Kajian Tari Teks dan Konteks.Yogyakarta:Pustaka Book Publisher.

Yarlis.2008.”Tari Mancak Padang Pada Upacara Maurak Balabek di Kecamatan Kuranji Kota Padang.STSI Padang Panjang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/gjg.v1i1.2171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.