Lagu Buaian Sarin Inspirasi Penciptaan Komposisi Musik Dua Jiwa Dalam Buaian

Azzura Yenli Nazrita, Syahri Anton, Asril Asril, Asep Saepul Haris

Abstract


-

Talempong merupakan salah satu ensambel musik tradisional yang dimiliki oleh beberapa nagari dalam wilayah Minangkabau, Genre talempong yang terdapat di Minangkabau meliputi talempong pacik dan talempong duduak. Salah satu jenis dari talempong duduak adalah ensambel talempong limo yang terdapat di Koto Tinggi Nagari Ampek Koto Palembayan Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, salah satu ciri khas lagunya adalah lagu buayan sarin. Buayan Sarin ini memiliki unsur musikal dengan pola melodi yang bersifat tanya jawab dan terkesan bolak balik yang bagi masyarakat Nagari Koto Tinggi pola melodi ini disebut juga dengan istilah buai, pola melodi ini menjadi dasar garapan bagi pengkarya untuk dijadikan sebagai sebuah  bentuk karya komposisi musik yang penggarap beri judul dengan “Dua Jiwa dalam Buaian”. Karya komposisi musik ini diwujudkan dengan menggunakan metode pendekatan World Music, dengan cara mengembangkan pola melodi lagu buayan sarin tersebut ke dalam bentuk lain serta menghadirkan beberapa bentuk kebaruan dalam berbagai aspek garap. Melalui garapan karya komposisi musik “Dua Jiwa Dalam Buaian” pengkarya mencoba menghadirkan beberapa bentuk inovasi (kebaruan) dalam berbagai aspek garap sesuai dengan konsep yang ditawarkan, tanpa mengabaikan kaidah–kaidah sebuah seni pertunjukan dengan harapan karya ini bisa memberikan warna baru dan berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penciptaan seni musik.


Keywords


Talempong limo; Buaian Sarin; Dua Jiwa dalam Buaian; World Music

Full Text:

PDF

References


Afandi, Rahmat. 2020. “Siklus Balik”. Laporan Karya Seni. ISI Padangpanjang

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Kanisius. Yogyakarya.

Ediwar, Rosta Minawati, Febri Yulika & Hanefi. 2018. Pelestarian Musik Tradisional Minangkabau: Kajian Organologi Tiga Jenis Alat Musik Minangkabau (Musik Tiup, Talempong dan Gandang Tambua. Gre Publishing. Yogyakarta.

______,______,______, & ______. 2017.”Musik Tradisional Minangkabau. Gre Publishing. Yogyakarta.

Gugat, Avant Garde Dewa. 2021. “Batengkak Tengkong”. Laporan Karya Seni. ISI Padangpanjang.

Kurniawan, Budi. 2022. “Two Be One”. Laporan Karya Seni. ISI Padangpanjang.

Mack, Dieter. 1995. Musik Populer. Yayasan Pustaka Nusantara, Yogyakarta.

Mahaldi, Rafi. 2021.”Kembar Siam”. Laporan Karya Seni. ISI Padangpanjang.

Pratama, Ryan. 2018. “Sakato Bedo”. Laporan Karya Seni. ISI Padangpanjang.

Salas, Stivan. 2021. “Dua Jiwa”. Laporan Karya Seni. ISI Padangpanjang.

Supanggah, Rahayu. 2007. Garap Bothekan Karawitan II. Program Pasca sarjana bekerja sama dengan ISI press Surakarta. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/jmen.v2i2.3202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visitors

Flag Counter