Dendang Baruah Andiang dalam Potoguran di Nagari Banja Loweh Kecamatan Bukik Barisan

Gebi Satria, Desmawardi Desmawardi, Arnailis Arnailis, M. Halim

Abstract


-

Dendang baruah andiang merupakan lagu Tradisi Minangkabau yang termasuk ke dalam kelompok dendang darek yang digunakan untuk kegiatan Potoguran di Nagari Banja Loweh, Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan Potoguran merupakan kegiatan padukunan yang gunanya untuk mencelakai orang lain terutama dalam dunia percintaan. Teks yang digunakan adalah teks yang berbentuk pantun yang isinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan dunia pedukunan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dendang baruah andiang dalam kegiatan potoguran dengan menggunakan metode kualitatif serta memakai pendekatan deskriptif. Aspek-aspek yang dikaji meliputi, teks, konteks, bentuk  serta fungsi dendang Baruah Andiang terhadap kegiatan potoguran tersebut, untuk membahas bentuk penulis menggunakan teori bentuk dari A.A Djelantik, bentuk yang dikemukakan oleh Djelantik ada bentuk kongkret dan ada bentuk abstrak, bentuk konkret terdiri dari: saluang, peniup saluang, tukang dendang, tempat dan lainnya, sedangkan untuk membahas fungsi penulis menggunakan teori fungsi dari alam P Mariam yang mana dalam teorinya terdapat 10 fungsi, akan tetapi dalam 10 fungsi tersebut terdapat 5 fungsi yang berhubungan dengan fungsi dendang baruah andiang dalam kegiatan Potoguran diantaranya: fungsi komunikasi, fungsi reaksi jasmani, fungsi jati diri, fungsi estetis dan fungsi kepercayaan.

 


Keywords


Potoguran; Dendang Baruah Andiang; Dukun

Full Text:

PDF

References


A.A.M. Djelantik, (1999). Masyarakat Seni Pertunjukan. Bandung: Cahaya Abadi.

----------. (2004). Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Cahaya Abadi.

Hakimi, Idrus. (1984). Pengetahuan Adat Minangkabau Basandi Syarak. Ban-dung: Remaja Rosdakarya.

Kamus Besar Bahasa Iindonesia, Edisi 5. (2018). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pustaka: Jakarta.

Merriam, Alan. P. (1964). the Anthropologi of Music. Chicago: Norywetern University Press.

Niat. (2002). Sampelong. Bandung: Adiyaksa-na.

Pemerintah Nagari Banja Loweh. (2020). Profil Nagari Nagari Banja Loweh. Kab. 50 Kota: Lembaga Administrasi Nagari.

Soegiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Jurnal:

Ediwar, Rosta Minawati, Febri Yulika, Hanefi (2020). Saluang Dendang Sirompak dalam Tradisi Ritual Magis di Payakumbuh: Satuan Kajian Karakteristik Musikal. Panggung, 30 (4):511-513.

HMT. Sianipar dkk. (2020). Praktik Perdukunan Menurut Tiga Prasasti Peninggalan Kedatuan Sriwijaya Abad Ke 6-7 Masehi. Jurnal: Penelitian Sejarah dan Budaya. Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat: Padang




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/jmen.v2i2.3204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visitors

Flag Counter