KOMPOSISI MUSIK DISAUIK TINGKAH, METODE PENDEKATAN TRADISI KESENIAN CENANG TIGO KENAGARIAN KINALI
Abstract
Kesenian cenang tigo adalah tradisi masyarakat kampung Aia Maruok, Nagari Kinali, Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang digunakan dalan menciptakan musik komposisi karya Disauik Tingkah adalah pendekatan tradisi dengan intrumen canang, talempong, gandang katindiak, gandang tambua, gong, kecapi Payakumbuh, saluang, accordion. Tujuaan menciptakan karya ini adalah Menciptakan komposisi musik karawitan yang bersumber dari pola permainan manciek dan manduo dari kesenian cenang tigo, dan sebagai bentuk mengekspresikan diri, dalam bentuk kreativitas penciptaan musik karawitan. Cenang tigo menjadi sumber dalam penggarapan komposisi musik baru, yang memiliki pola permainan seprti pada pola manciek dangan manduo yang saling bersaut-sautan dan mancarak ini memiliki keunikan karena permainan yang bersifat bebas dan tidak terikat pada permainan manciek dan manduo tetapi masih dalam tempo yang sama. Cenang tigo terbagi atas tiga nada yaitu nada C, D, dan F. Manciek adalah permainan yang memiliki pola permainan dasar tetapi terdapat semacam pola paningkah yang disebut pola manigo (pola tiga). Manduo adalah permainan yang dimain sama seperti manciek tetapi tidak memakai pola minigo (pola tiga). Sedangkan mancarak adalah permainan pola peningkah antara permainan pola manciek dengan pola manduo.
Kata Kunci: Canang Tigo; manciek; manduo; mancarakKeywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia Satria. 2014. Kesenian Cenang Tigo di Kampung Air Meruap Jorong Sigunanti Kenagarian Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat, Skripsi Kajian Seni. Padangpanjang: Fakultas Seni Pertunjukan Program Studi Seni Karawitan Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Azzura Yenli Nazrita. 2022. “DUA JUWA DALAM BUAIAN” bersumber dari kesenian talempong limo di Koto Tinggi Nagari Ampek Koto Palembayan Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Skripsi Karya Seni. Padangpanjang: Fakultas Seni Pertunjukan Program Studi Seni Karawitan Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Fitri Rahmadhani. 2023. “RATOK SI BUNSU” interpretasi Ilau ke komposisi pendekatan tradisi. Skripsi Karya Seni. Padangpanjang: Fakultas Seni Pertunjukan Program Studi Seni Karawitan Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
Fulzi, N., Suharti, S., & Satria, A. (2017). CENANG TIGO: MUSIK TRADISIONAL MASYARAKATKAMPUNG AIR MERUAP. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 19(1), 58-71.
Gusra Mardatillah. 2021. “BARUBAH RASO” terinspirasi dari kesenian gandang tigo di Jorong Tabek Panjang Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Skripsi Karya Seni. Padangpanjang: Fakultas Seni Pertunjukan Program Studi Seni Karawitan Institut Seni Indonesia Padangpanjang
MHD Rhomario Adiaksa. 2021. “TATOGUN – TOGUN” terinspirasi dari kesenian talempong unggan lagu batang tarunjam di Nagari Unggan Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Batar. Skripsi Karya Seni. Padangpanjang: Fakultas Seni Pertunjukan Program Studi Seni Karawitan Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Sri Hastanto. 2009. Konsep Pathêt dalam Karawitan Jawa. Surakarta: ISI Press dan Pas-casarjana ISI Surakarta.
Waridi. 2008. Gagasan dan Kekayaan Tiga Empu Karawitan. Bandung:Etnoteater Publisher
Wawancara
Kisar Dt Marajo, 69 tahun, Tani, Niniak Mamak Kampung Aia Maruok, Nagari. Kinali, Kabupaten Pasamanan Barat
Ida, 61 tahun, ibu rumah tangga (pemain cenang tigo) Kampung Aia Maruok, Nagari. Kinali, Kabupaten Pasaman Barat
Lisman, 57 tahun, tokoh dalam permainan cenang tigo Kampung Aia Maruok, Nagari. Kinali, Kabupaten Pasaman Barat
Anis, 53 tahun, ibu rumah tangga (pemain cenang tigo) Kampung Aia Maruok, Nagari Kinali, Kabupaten Pasaman Barat
Marlis, 46 tahun, tokoh dalam permainan cenang tigo Kampung Aia Maruok, Nagari Kinali, Kabupaten Pasaman Barat
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/jmen.v4i2.4599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visitors