PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL REBANA MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALEMBANG

DERIA SEPDWIKO

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pembelajaran Musik Ansambel Rebana Menggunakan Metode Drill pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah Pembelajaran Musik Ansambel Rebana Menggunakan Metode Drill  terhadap hasil belajar Kepada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes dan dokumentasi.Penilaian dalam proses belajar mengajar harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Dengan melakukan penilaian dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki siswa dalam meraih kopetensi yang telah ditetapkan. Dimana tes yang digunakan menggunakan alat musik rebana untuk melatih respon belajar siswa dalam melaksanakan tugas kelompok dalam proses pembelajaran yang dianggap berhasil. Berdasarkan hasil dokumentasi yang diperlihatkan melalui foto-foto kegitan siswa menunjukan bahwa pembelajaran musik ansambel rebana yang diajarkan kepada siswa. Dalam proses belajar musik ansambel rebana siswa di beri arahan oleh peneliti dalam cara memegang dan memainkan rebana serta dalam membaca partitur yang telah di siapkan. Karena rebana yang digunakan saat proses belajar musik ansambel rebana hanya tersedia 3 rebana maka siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempermudah pada saat memainkannya.

 Pembelajaran, Musik Rebana,  Metode Drill


Keywords


Pembelajaran, Musik Rebana, Metode Drill

Full Text:

PDF

References


Apriliya, Seni. 2007. Manajemen Kelas Untuk Menciptakan Iklim Belajar yang Kondusif. Jakarta Timur: Visindo Media Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Banoe, Pono. 2011. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimiyati dan Mudjiono. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

FKIP Universitas PGRI.2015.PedomanPenulisanSkripsi. Palembang. FKIP.

Hadi, Y. Sumandiyo. 2016. Seni Pertunjukan dan Masyarakat Penonton. Yogyakarta: Cipta Media.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Purnomo, Wahyu dan Fasih Subagyo. 2010. Terampil Bermusik SMP dan MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional

Rusman. 2012. Model model pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo persada

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.Sanjaya, Wina. 2013 .Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana : Jakarta.

Shoimin. 2014. 68 model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono & Tamsil Muis. 2012. Filsafat Pendidikan Teori dan Praktik. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Ismail. 2013. Model-Model Pembelajaran Moderen. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Raja Grafindo Persada.

West, Michael. 2002. Kerja Sama yang Efektif. Yogyakarta: Kanisius.

Wirya, Mus K. 1995. Bermain Rebana. Jakarta:PT Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v6i1.1042

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v6i1.1042.g534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats