PEMERANAN TOKOH ARINI DALAM NASKAH MAINAN GELAS KARYA TENNESSEE WILLIAMS ADAPTASI SUYATNA ANIRUN DENGAN METODE AKTING STANISLAVSKY

Novita Andriani Butar-Butar, Martozet Martozet

Abstract


Tujuan dari penelitian ini agar dapat memerankan sosok Arini dalam naskah Mainan Gelas karya Tennessee Williams adaptasi Suyatna Anirun dengan menggunakan metode akting Stanislavsky. Hasil ataupun capaian dalam penelitian ini berupa pertunjukan teater. Permasalahan yang terdapat dalam naskah Mainan Gelas, menggambarkan kejadian yang sering terjadi pada zaman sekarang. Baik dari segi eksternal maupun internal, yaitu ketidak harmonisan sebuah keluarga. Naskah ini berbicara seputar krisis eksistensi individu dalam bermasyarakat (salah satunya) yang memiliki kekurangan fisik, keterbelengguan, kesendirian, dan keterasingan bagi pribadi-pribadi manusia dalam konteks batin dan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini merupakan capaian akhir dari proses produksi. 1) Mengetahui struktur dan tekstur naskah Mainan Gelas karya Tennessee Williams adaptasi Suyatna Anirun bagi kebutuhan pemeranan tokoh Arini.2) Mewujudkan pemeranan tokoh Arini dalam naskah Mainan Gelas karya Tennessee Williams adaptasi Suyatna Anirun dengan menggunakan metode akting Stanislavsky. Hasil penelitian dalam menubuhkan tokoh, ingatan emosi dan Given Circuntance relevan dengan kondisi masyarakat yang ada di Desa Suka Makmur Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang. Metode Stanislavsky dapat membantu penulis dalam memerankan tokoh Arini dengan baik. Berdasarkan metode akting ini pemeran dapat  meyakinkan penonton bahwa apa yang terjadi di atas panggung adalah berdasarkan fakta dan kejadian yang sebenarnya, sesuai dengan naskah yang dimainkan.


Keywords


Mainan Gelas; Pemeranan; Arini; Metode Akting Stanislavsky

Full Text:

PDF

References


Fitri, Y., & Saaduddin, S. (2018). Reinterpretasi Dramaturgi Lakon Kebun Ceri Karya Anton P Chekhov. Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan, 4(2), 149–162. https://doi.org/10.26887/lg.v4i2.529

Haikal, M., & Saaduddin, S. (2020). Pemeranan Tokoh Comol dalam Naskah Lautan Bernyanyi Karya Putu Wijaya dengan Metode Akting The System Stanislavsky. Laga-Laga, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.26887/cartj.v3i1.2136

Haryaningsih, D., M. Z., M., & Gunardi, G. (2014). Kajian Psikologi Individual Dalam Penggambaran Tokoh Drama Mainan Gelas Karya Tennessee Williams. Panggung, 24(1). https://doi.org/10.26742/panggung.v24i1.109

Harymawan, RMA. (2002). Dramaturgi. Rosdakarya.

Pramayoza, D. (2013). Dramaturgi Sandiwara: Potret Teater Populer dalam Masyarakat Poskolonial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Pramayoza, D. (2020). Diorama Kota Bahagia: Pandangpanjang dalam Esai. Padangpanjang: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang.

Pramayoza, D. (2021). Melihat Teks Lakon Sebagai Mitos: Analisis Drama Dengan Strukturalisme Levi-Strauss. Melayu Arts and Perfomance Journal, 4(2), 114–129. https://doi.org/10.26887/mapj.v4i2.978

Pramayoza, D., Simatupang, G. R. L. L., & Murgiyanto, S. (2018). Proses Dramaturgi Dari Teks Sastra Syair Lampung Karam Ke Teks Pertunjukan Teater Under the Volcano. Jurnal Kajian Seni, 4(2), 206–225. https://doi.org/10.22146/jksks.46448

Saaduddin, S. (2016). Analisis Bentuk, Fungsi Dan Makna Pertunjukan Teater Tanah Ibu Sutradara Syuhendri. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 18(1), 39–61. https://doi.org/10.26887/ekse.v18i1.83

Stanislavsky, C. (2008). Membangun Tokoh. Gramedia.

Stanislavsky, C. (1980) Persiapan Seorang Aktor. Pustaka Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v8i1.2538

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v8i1.2538.g995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats