KONTAKT LIBRARY KUCAPI PAYOKUMBUAH

Frenki Frenki, Rozalvino Rozalvino, Murniati Murniati

Abstract


Berangkat dari instrument Kucapi Payokumbuah, karya Kontakt Library Kucapi Payokumbuah adalah sebuah karya berbentuk sample library yang mentransformasikan karakter bunyi asli instrument Kucapi Payokumbuah yang diolah untuk software atau VST Kontakt yang terdiri dari dua bagian yaitu bagian keys dan loop. Kedua bagian tersebut dibuat dari hasil pengolahan sampling dari Kucapi Payokumbuah. Dalam karya ini pengkarya menggunakan sampling yang berasal dari Kucapi Payokumbuah yang direkam dan diolah dengan berbagai proses editing sehingga menjadi Kontakt Library. Kontak Library Kucapi Payokumbuah dapat digunakan sebagai sample library alternatif untuk para musisi dalam membuat musik dengan menggunakan VST atau software Kontakt, karya ini juga dibuat sebagai alat alternatif untuk menciptakan sebuah musik yang instan dan mudah

Keywords


Kontakt; Library; Kucapi Payokumbuah; Software

Full Text:

PDF

References


Barsotti, Marcel. 2002 ‘’Virtual Ethno Instrumen & Voice: Ethno World 5 profesional & Voice’’, Europe.

Elvianti. 2003 ‘’Eksistensi Musik Kecapi Sebagai Musik Iringan Dendang Didaerah Gaduik Kecamatan Luhak Kabupaten Lima Puluh Kota’’. Laporan Karya Srata-1 Jurusan Seni Musik Fakultas Seni Pertunjukan STSI Padangpanjang.

Hajizar. 1990-1991. Fungsi Alat Musik Kecapi dala kesenian tradisional Sijobang di Luhak Lima Puluh Kota Minangkabau. ASKI Padangpanjang.

Hawkins, 2002. Erik. Studio-in-a-box : The New Era Of Computer Recording Technology. Hal Leonard Corporation : Wisconsin.

Koentjaraningrat. 1985. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Gramedia. Jakarta,

Middleton, Paul, Steven Gurevitz, 2013. Music Technology Workbook: Key consepts and practical projects’’, Taylor & Francis : Oxfordshire.

Moore, J Kenneth dkk, 2015. Musical Instruments: Highlights of The Metropolitan Museum of Art. Metropolitan Museum of Art : New York.

Pradana, Leo, Putra, 2014. Pertanggung jawaban Tertulis Penciptaan Musik Etnis. Laporan Karya Skripsi Srata-1 Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta.

Rizaldi, Vandi, 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Produksi Musik Digital. Laporan Karya Skripsi Srata-1 Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v4i2.509

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v4i2.509.g321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.