PENCIPTAAN TOKOH GUSTI BIANG DALAM LAKON BILA MALAM BERTAMBAH MALAM KARYA PUTU WIJAYA

Desi Susanti, Nanik Yuliani

Abstract


Pemeranan merupakan proses kreatif yang dilalui pemeran untuk mewujudkan tokoh ke atas panggung. Pemeranan tokoh Gusti Biang adalah proses perwujudan tokoh dalam naskah menuju panggung pertunjukan. Daalam proses perwujudan tokoh Gusti Biang berlandaskan pada analisis penokohan dan analisis terhadap naskah drama. Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya tergolong naskah yang bergaya realisme. Akting realis adalah upaya meyakinkan penonton dengan laku yang natural. Untuk memerankan tokoh Gusti Biang, diperlukan metode yang mampu memproyeksikan suatu keaktoran dan menyatukan karakter pemeran dengan kebutuhan karakter tokoh yang diperankan. Metode yang paling relevan untuk mewujudkan tokoh dalam naskah realis adalah to be yang digagas oleh Stanislavsky

Keywords


Pemeranan; Gusti Biang; Realisme; To be

Full Text:

PDF

References


El Saptaria, Rikrik. Paduan Praktis Akting Untuk Film & Teater, Jakarta: Rekayasa Sains, 2006.

Harymawan, RMA. 1988. Dramaturgi. Bandung: CV Rosda Bandung.

Ismet, Adang. 2005. Seni Peran. Bandung : Penerbit Kelir.

Mitter, Shomit. 2002. Sistem Pelatihan Lakon. Yogyakarta : MSPI dan arti.

Fitri, Y., & Saaduddin, S. (2018). REINTERPRETASI DRAMATURGI LAKON KEBUN CERI KARYA ANTON P CHEKHOV. Laga, 4(2), 149–162. http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Lagalaga/article/view/529/320

Hasan, H., & Saaduddin, S. (2015). Fungsi Sandiwara Amal Di Masyarakat Desa Pulau Belimbing, Kec Bangkinang Barat, Kab Kampar Provinsi Riau. Ekspresi Seni, 17(1), 1–19. https://doi.org/10.26887/ekse.v17i1.25

Saaduddin, S. (2016). ANALISIS BENTUK, FUNGSI DAN MAKNA PERTUNJUKAN TEATER TANAH IBU SUTRADARA SYUHENDRI. Ekspresi Seni, 18(1), 1–179. https://doi.org/10.26887/ekse.v18i1.83

Saaduddin Saaduddin, S. N. (2017). Pertunjukan Teater Eksperimental Huhh Hahh Hihh: Sebuah Kolaborasi Teater Tari. Ekspresi Seni, 19(1), 39–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26887/ekse.v19i1.128

Saini, KM, Kaleidoskop Teater Indonesia, Bandung: STSI Press Bandung, 2002.

Soeharto, Tin. 1992. Profil Propinsi Republik Indonesia BALI. Jakarta: Yayasan Bhakti Wawasan Nusantara.

Stanislavsky, Constantin. 1890. Persiapan Seorang Aktor. Jakarta: Pustaka Jaya.

Stanislavsky, Constantin. 2008. Membangun Tokoh. Jakarta: Teater Garasi.

Waluyo, J. Herman. 2001. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT.Hanindita Graha Widya.

Sumber lainnya :

http://rusdimathari.com/2013/06/22/ada-joko-susile-di-bila-malam-bertanbah malam/

https://sites.google.com/site/sastrawanindonesia/home/biografi-sastrawan-putu-wijaya

https://www.youtube.com




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v5i1.699

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v5i1.699.g962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats