PENERAPAN TEKNIK MEMAINKAN PIANIKA DALAM BENTUK ENSAMBEL PIANIKA PADA LAGU KAMPUANG NAN JAUAH DI MATO

Reni Alvionita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan teknik memainkan pianika dalam bentuk ensambel pianika pada lagu Kampuang Nan Jauah Di Mato di SDN 07 Teladan Bukittinggi. Secara metodologis penelitian ini berbentuk jenis kualitatif yang menggunakan pendekatan action research. Kualitatif dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku siswa/i yang diamati. Pendekatan action research digunakan untuk penerapan tindakan pembelajaran yang diteliti dengan tujuan peningkatan mutu atau pemecahan masalah, dan mengamati tingkat keberhasilannya. Kemudian diberikan tindakan lanjutan bersifat penyempurnaan tindakan dan penyesuaian situasi, sehingga diperoleh hasil yang lebih baik. Penelitian ini juga didukung dengan metode penelitian lainnya; metode ceramah, metode demonstrasi, metode eksperimen, dan metode imitasi. Hasil yang diperoleh dari penerapan teknik memainkan pianika kepada peserta didik adalah peserta didik mampu mempraktekkan teknik penjarian pada pertunjukan ensambel pianika dengan lagu Kampuang Nan Jauah Di Mato dan pada kegiatan drumband

Keywords


Teknik Pianika, Ensambel, Lagu Kampuang Nan Jauah Di Mato, Kualitatif, Action Research.

Full Text:

PDF

References


Basuki, Ayuana, dkk., 1994, Kerajinan Tangan Dan Kesenian Seni Musik.

Surakarta : Cahaya Ilmu.

Lexi J, Moleong, 2000, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung :

PT Remaja Rosdakarya.

Yudana, A. Basuki, 1996, Kerajinan Tangan Dan Kesenian Seni Musikā€.

Surakarta : Cahaya Ilmu.

Wawancara: Agustina Gea Dwi Putri.siswa SDN 07 Teladan Bukittinggi. 23 Juli 2018 di SDN 07 Teladan Bukittinggi.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v5i1.770

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v5i1.770.g437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.