PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL PADUAN SUARA THIS IS ME, COME ALIVE, THE GREATEST SHOW DAN A MILLION DREAMS DI SMAS XAVERIUS PRAYOGA BUKITTINGGI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam bernyanyi yang tidak menggunakan teknik vokal yang baik dan benar. Siswa bernyanyi tanpa memperhatikan cara pengucapan syair lagu (artikulasi) nada (intonasi) di SMAS Xaverius Prayoga Bukittinggi. Dari pokok permasalahan ini peneliti akan membahas tentang metode Pembelajaran Teknik Vokal Paduan Suara this is me, come alive, the greatest show dan a million dreams di SMAS Xaverius Prayoga Bukittinggi. Dalam penelitian ini peneliti memberi tindakan dengan penilaian tiga kategori yaitu teknik vokal, keseimbangan dalam paduan suara, dan kemampuan bernyanyi.
Penelitian yang dilaksanakan di Yayasan Prayoga Bukittinggi SMAS Xaverius menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research). Adapun penelitian ini di dukung oleh beberapa metode pembelajaranya yaitu, metode demonstrasi, metode imitasi dan metode latihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi yang diolah dengan tabel distribusi frekuensi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bodgan dan Taylor. dalam Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian kualitatif . PT. Remaja Rosdakarya. Bandung ,2000.
Djohan Salim, Psikologi Musik . (Yogyakarta: Buku Baik), 2005.
Dieter Mach.. Pendidikan Musik Antara Harapan dan Realita. (Bandung: Kerjasama dari UPI dan MSPI), 2001.
Firda Riki Ahta,Proses pengenalan Lagu Perjuangan Indonesia Terhadap siswa SMP Negeri 4 Ransang,
Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau” . Skripsi Program Studi S1 jurusan Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Padangpanjang. 2013.
Harnita, Paduan Suara Anak Melalui Lagu Terima Kasihku Di Madrasah Iptidaiyah Unggul Terpadu Padangpanjang” . Skripsi. (padangpanjang : Institut seni Indonesia Padangpanjang) 2016.
John W.Best, Metodologi Penelitian Pendidikan , terjemahan Sanapiah Faisal dan Mulyadi Guntur Waseso, Surabaya: Usaha Nasional ,1982.
M.Soeharto. Membina Paduan Suara dan Vokal Group PT,Gramedia. Jakarta, 1982.
Nortier Simanungkalit, Teknik Vocal Paduan Suara. ( Jakarta : Majalah Cakrawala TNI) ,2008.
PML. A-21, Menjadi Dirigen II Edisi Revisi Membentuk Suara, (PML, Yogyakarta), 2004
Ponoe Banoe. 2013, Metode Kelas Musik.PT. Indeks,Jakarta.2013.
Prabudidarma. Pengantar Komposisi dan Arransemen , PT, Gramedia. Jakarta, 2001.
Robiatul Adabia, Pembelajaran Aransemen Lagu Ayo Mama Dalam Bentuk Paduan Suara Di SDN 09 Guguk Malintang Kota Padangpanjang”.,Skripsi. (padangpanjang : Institut seni Indonesia Padangpanjang) 2017.
Rudy MyPaduan Olah Vokal, Media Pressindo, Yogyakarta,2008.
Saiffudin Azwar, Metode Penelitian, Pustaka Belajar,Yogyakarta ,2004.
Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas , (Jakarta : Bumi Aksara), 2012.
Sudjiono, Nuraini Juliani, Buku Ajar Konsep Dasar PAUD. Jakarta:Universitas Negeri Jakarta, 2007.
Sumaryanto, F. Totok. Efektivitas Penggunaan Solfegio Untuk Pembelajaran Keterampilan Bermain Musik di Sekolah Dasar, JurnalHarmonia Vol VI No. 2. Semarang. Sendratasik Unnes, 2005
Syah,Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.PT.Remaja Rosdakarya,Bandung, 1995.
Usman,Husaini, Metodologi Penelitian Sosial,Bumi Aksara, Jakarta, 2006.
Vonyka Rahma, Metode Pembelajaran Vokal Group di SMK 1 Padangpanjang’ Skripsi Program Studi S1 Jurusan Musik Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Padangpanjang, 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v6i2.885
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v6i1.885.g557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats