PEMERANAN TOKOH NYONYA TABRIN DALAM NASKAH LAKON NYONYA DAN NYONYA KARYA MONTINGGO BUSYE

Novita Zulyanda

Abstract


Pemeran tokoh Nyonya Tabrin dalam naskah lakon Nyonya dan Nyonya karya Montinggo Busye menggunakan metode akting Stanislavsky. Tokoh Nyonya Tabrin merupakan gambaran hidup seorang perempuan yang hidup dalam kemewahan dan penuh rasa curiga pada suaminya. Dalam proses pencarian bentuk akting dengan beberapa pola-pola pencapaian, maka proses latihan akan berkembang. Berkembang dalam artian mampu mewujudkan sosok tokoh yang akan memukau penonton dengan kisah nyata kehidupan yang disajikan di atas panggung. Persoalan psikologis, fisiologis dan sosiologis tokoh membawa kita sejenak merenungi tentang hidup dan menemukan beberapa titik terang pada permasalahan yang ada.

Keywords


Tokoh Nyonya Tabrin, metode akting Stanislavsky, Nyonya dan Nyonya

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A Kasim. 2004. Teater Indonesi ‘Konsep, Sejarah, Problema dalam pengaruh Teater Tradisional pada Teater Indonesia. Jakarta: PT. Temprit.

Anirun, Suyatna. 1998. Menjadi Aktor. Bandung: STB bekerjasama dengan Taman Buday Jawa Barat dan PT Rekamedia Multiprakasa. Endraswara, Suwardi. 2014. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS. Harymawan. 1993. Dramaturgi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

https://seputarteater.wordpres.com. Diakses pada juni 2018

https://bintangmakmur-id.com. Diakses pada juni 2018 Khusnia-fib.web.unair.ac.id. Diakses Pada juni 2018 Niaga, Ipong. 2014. Membentuk Kemampuan Psikologi Dasar Calon Aktor dengan Metode Latihan Bertutur. Padangpanjang: ISI Padangpanjang. Sani, Asrul. 1980. Persiapan Seorang Aktor. Jakarta: PT Pustaka Jaya. Saptaria, Rikrik El. 2006. Acting Handbook Panduan Praktis Akting untuk Film & Teater. Bandung: Rekayasa Sains. Sembung, Willy F. 2012. Pengantar Analisis Dramaturgi Mendasar. Bandung: STSB. Stanislavsky. 2008. Membangun Tokoh Jakarta: Gramedia. Pengantar Slamet Rahardjo Djarot. Stanislavsky. 1991. An Actor Prepares. Terj. Edwin Wilson dan Alvin Goldfarb. Sudjiman, Panuti. 1980. Kamus Istilah Sastra. Jakarta; Gramedia. Waluyo, Herman J. 2001. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT. Haninditha Graha. Wojowasito, S. 1972. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Hasta.

www.journoliberta.com. Diakses pada juni 2018. Yudiaryani. 2002. Panggung Teater Dunia. Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli.

Yuliamorel.blogspot.com. Diakses pada juni 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/lg.v5i2.923

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/lg.v5i2.923.g474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats