Cintaku Jauh di Pulau Karya F.X Soetopo Ditinjau dari Teknik Bernyanyi Seriosa

Regina Halmin Sidabutar, Junita Batubara

Abstract


Tulisan ini membicarakan teknik bernyanyi seriosa pada lagu Cintaku Jauh di Pulau karya F. X. Soetopo. Lagu tersebut dari puisi karya Chairil Anwar yang ditulis tahun 1946. Pada tahun 1985, F. X. Soetopo mengaransemen puisi tersebut dalam sebuah lagu seriosa. Lagu ini menceritakan tentang kisah cinta seorang pria kepada seorang gadis dengan menjalin hubungan jarak jauh. Seorang penyanyi tenor bernama Christopher Abimanyu pertama kali membawakan lagu tersebut di Bentara Budaya Jakarta. Gaya atau teknik bernyanyi yang dibawakan oleh Christopher adalah gaya nyanyian yang lebih menekankan pada penggunaan dinamika (messa di voce) sebagai sumber utama ekspresi keindahan dan penjiwaan saat bernyanyi serta teknik artikulasi, intonasi, dan teknik vokal. Penulis melakukan pengembangan teknik bernyanyi pada lagu Cintaku Jauh di Pulau yaitu penggunaan improvisasi ostinato (riff) terdapat di birama 5 dengan nada berulang-ulang pada ketukan ke-2 dan pentatonik pelog terdapat di birama 12-13 yang dimulai ketukan ke-2 dimulai dengan nada 1-2-4-5-6 (do-re-fa-sol-la) dengan interval melangkah naik, dan juga di birama 22-23 dimulai ketukan ke-3 dimulai dari nada 6-5-4-2-1 (la-sol-fa-re-do) dengan interval melangkah turun. Lagu Cintaku Jauh di Pulau merupakan lagu yang tergolong ke dalam bentuk lagu 5 bagian A-B-B’-C-D-A’ dengan urutan kalimat A (a,b), B (x,y), B’ (x’,y’), C (c,d), D (xx,yy), A’ (a, b’). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berupa observasi melalui YouTube (https://youtu.be/QRVL9vcaQBo), studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Mempertunjukkan lagu tersebut dalam bentuk penampilan secara langsung di Taman Yenny Hendra Bundaran Nommensen, 2) Menggunakan teknik improvisasi ostinato dan pentatonik pelog, 3) Analisis bentuk lagu Cintaku Jauh di Pulau.

Kata Kunci: Cintaku Jauh di Pulau; F.X Soetopo; Analisis;Ekspresi


Abstract

This paper discusses seriosa singing techniques in the song Cintaku Jauh di Pulau Pulau by F. X. Soetopo. The song is taken from Chairil Anwar's poem which was written in 1946. In 1985, F. X. Soetopo arranged the poem to become a seriosa song. This song tells about the love story of a man and a girl who are in a long-distance relationship. The tenor named Christopher Abimanyu performed the song for the first time at Bentara Budaya Jakarta. Christopher's singing style or technique is a singing style that places more emphasis on the use of dynamics (messa di voce) as the main source of expression of beauty and soul when singing as well as articulation techniques, intonation and vocal techniques. The author develops a technique for singing the song Cintaku Jauh di Pulau, namely the use of ostinato (riff) improvisation and pelog pentatonic according to the ability of a presenter. This study uses a descriptive qualitative approach. The data obtained are in the form of observations via YouTube (https://youtu.be/QRVL9vcaQBo), literature studies, and documentation. The results of this study were: 1) Performing songs in the form of live performances at the Yenny Hendra Park Nommensen Roundabout, 2) Using ostinato and pelog pentatonic improvisational techniques, 3) Analysis of the form of the song Cintaku Jauh di Pulau.

Keywords: Cintaku Jauh di Pulau; F.X Soetopo; Analysis; Expression

 


 


Keywords


Cintaku Jauh di Pulau; F.X Soetopo; Analisis; Ekspresi

Full Text:

PDF

References


Rumpuin, C. C. (2023). Lagu Kenangan Malam Karya Musafir Isfanhari Dalam Tinjauan Bentuk dan Makna Lagu. (3)2.

Gunawan, T. (2021). Eksistensi Christopher Abimanyu Sebagai Penyanyi Bergaya Klasik. (1)2.

Darusman. C. (2017). Perjalanan Sebuah Lagu: Tentang Penciptaan, Perlindungan dan Pemanfaatan Lagu. PT Gramedia, Jakarta. ISSN: 978-602-424-431-6.

Katamsi, A. (2018). Klasik Indonesia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tyas, Esti Endah Ayuning. (2008). Cerdas Emosional Dengan Musik. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Yunita, T. Ayu. (2012). Nasionalisme Eropa dan Pengaruhnya Pada Lagu Seriosa di Indonesia. Resital, 13 (2), 159-165.

Szwed, F. John. (2012). Memahami dan Menikmati Jazz, Jakarta: Gramedia.

Panggabean, A. Simangunsong, E. Batubara, J. Galingging, K. Hirza, H. (2022). Komposisi Musik Sampaniara Karya Amir Pasaribu Dalam Perspektif Musik Modern Indonesia: Unsur Pentatonik dan Elemen Harmoni Tonal. Jurnal Seni Musik, 11 (2), 17- 26.

Nola Dwi Putri, E. (2019). Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (3), 233-236.

Usatnesi, M. (2018). Penyajian Teknik Bernyanyi Dalam Aria Le Violette Karya Alessandro Scarlatti. Skripsi Seni Musik. Repository Universitas HKBP Nommensen.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v6i2.3820

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v6i2.3820.g1476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MAPJ Indexed By:


Melayu Arts and Performance Journal

E-ISSN: 2656-3509| P-ISSN:2656-0232 | DOI: 10.26887/mapj 
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MAPJ/index
Email: editor.mapj@gmail.com  | redaksimapj@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn
Publisher: Program Pasca Sarjana ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License

Melayu Arts and Performance Journal (MAPJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License