Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pengenalan Permainan Tradisional

Suprianingsih Suprianingsih, Desaipriani Desaipriani, Juli Atika

Abstract


Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang dibuat untuk mengedukasi atau memberikan pemahaman terhadap suatu hal yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat, tujuan utama ikan lanyanan masyarakat ialah memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai suatu hal yang bersipat mengajak dan memberi tahu masyarakat akan suatu informasi tanpa menjual suatu produk maupun jasa. Permainan tradisional Secara tidak langsung, anak akan di asah kreativitas, ketangkasan, jiwa kepemimpinan, kecerdasan, dan keluasan wawasannya melalui permainan tradisional, namun saat ini permainan tradisional mulai menghilang dari kehidupan anak-anak di indonesia khususny di perkotaan, digantikan dengan permainan yg ada di gatged seperti game-game online. Tahap perancangan ini dibangun berdasarkan hasil pengumpulan data yang telah dilakukan sebelumnya, data digunakan untuk memunculkan ide dan gagasan dalam mendesain karnya iklan layanan masyarakat pengenalan permainan tradisional kepada masyarakat. Tahapan Perwujutan Tahapan ini bermula dari pembuatan sketsa atau gambar manual desain iklan layanan masyarakat pengenalan permainan tradisional, mulai dari perancangan poster, sepanduk, brosur, ganci dan yang lainnya

Keywords


Aplikasi; Android; Layanan;

Full Text:

PDF

References


Aan Komariah, Djam’an Satori. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.

Abdul majid. (2013). Strategi Pembelajaran .Remaja Rosdakarya. Bandung.

Achroni Keen. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Javalitra. Jakarta.

Adi, Kusrianto. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Andi Offset. Yogyakarta.

Andi Prastowo. (2012). Panduan Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press. Yogyakarta.

Andrew E. Sikula. (2017). Komunikasi Bisnis. Erlangga.Surakarta

Angkowo, R., & Kosasih, A. (2017).Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Cici Ratna Sari, dkk. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Ivo 3, No 2. SSN: 2549-8959,ttps://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Dharmamulya. (2008). Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.

Kosasih, E. (2017). Jenis-jenis teks. Bandung: Penerbit YRAMA WIDYA.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Muhammad Darwis, Dkk, (2020), Dampak Dari Kecanduan Game Online Di Kalangan Remaja Usia 15–18 Tahun Di Kelurahan Kayuombun. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 5, No.2, ISSN: 2527-4244, https://doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1142.

Muliawan, L. (2009). Pengaruh Media Semai Terhadap Pertumbuhan Pelita (Eucalyptus pellita F.Muell). Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Musbikin, Imam. (2010). Buku Pintar PAUD.dalam perspektif Islami. Yogyakarta: Laksana.

Nofrans Eka Saputra, (2017) Tradisional Games In Improving Children's Basic Abilities, Jurnal Psikologi Jambi. Issn : 2528-2735,

Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Andi

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Soewardikoen, Didit Widiatmoko. (2021). Metodologi Penelitian Desain

Suprianingsih, (2018), Iklan Layanan Masyarak Pemanpaatan Loteng Rumah Sebagai Lahan Hidroponik. Jurnal Proporsi. Jurnal Proporsi, Vol, 3 No.2. ISSN: 2615-024, https://doi.org/10.22303/proporsi.3.2.2018.164-175.

Wahyuningsih Sri. 2009, Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 4-5 Tahun. Bandung: PT. Sandiarta Sukses.

Yuli Maghfiroh, (2020), Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 6, No. 1 E-ISSN: 2580-9504, https://doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20861




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v6i2.3850

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26887/mapj.v6i2.3850.g1512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MAPJ Indexed By:


Melayu Arts and Performance Journal

E-ISSN: 2656-3509| P-ISSN:2656-0232 | DOI: 10.26887/mapj 
Website: http://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MAPJ/index
Email: editor.mapj@gmail.com  | redaksimapj@isi-padangpanjang.ac.id
Editor in Chief: Dr. Dede Pramayoza | Managing Editor: Saaduddin, M.Sn
Publisher: Program Pasca Sarjana ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan Padangpanjang 27128
Phone: (0752) 82077, Fax: (0752) 82803

Creative Commons License

Melayu Arts and Performance Journal (MAPJ) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License