KOMPOSISI MUSIK LAREH NAN BUNTA: PERSILANGAN LAREH KOTO PILIANG DAN LAREH BODI CANIAGO

Indra Arifin, Asril Asril

Abstract


ABSTRACT

 

This writing discusses lareh system in Minangkabau. Lareh in Minangkabau language is the customary law aegis applied in every village. There are four larehs that evolve in Minangkabau namely Lareh Nan Panjang, Lareh Koto Piliang, Lareh Bodi Caniago, and Lareh Nan Bunta. Lareh Nan Bunta is not yet known in Minangkabau. It’s hard to find the sources about Lareh Nan Bunta, even its note is often the opposite of what happens in the field. There are three concepts that become the main point of implementation of the governmental system of Lareh Nan Bunta namely bapucuak bulek, baurek tunggang, and tan di langik rajo di sandi. Those three concepts contain the philosophical values of Minangkabau custom summarized in the packet of thick Islamic law. This thing is then interpreted into the composition of archipelagic music by using methods such as research (library research and field research), interview and data collection, studio work, and evaluation.

 

Keywords: lareh, nan panjang, koto piliang, bodi caniago, nan bunta. 

 

 

ABSTRAK

 

Tulisan ini membahas tentang sistem kelarasan di Minangkabau. Kelarasan atau lareh dalam bahasa Minangkabau merupakan payung hukum adat yang dipakai tiap nagari. Ada empat kelarasan yang berkembang di Minangkabau, yaitu: Lareh Nan Panjang, Lareh Koto Piling, Lareh Bodi Caniago, dan Lareh Nan Bunta. Lareh Nan Bunta belum begitu dikenal di Minangkabau. Sulit menemukan sumber mengenai Lareh Nan Bunta bahkan catatannya sering berseberangan dengan apa yang terjadi di lapangan. Ada tiga konsep yang menjadi pokok utama pelaksanaan sistem pemerintahan Lareh Nan Bunta, yaitu bapucuak bulek, baurek tunggang, dan tan di langik rajo di sandi. Tiga konsep tersebut mengandung nilai-nilai falsafah adat Minangkabau yang terangkum dalam bingkisan hukum Islam yang kental. Hal ini kemudian diinterpretasaikan ke dalam bentuk komposisi musik Nusantara dengan menggunakan metode di antaranya: riset (studi literatur dan studi lapangan), wawancara dan pengumpulan data, kerja studio, dan evaluasi.


Keywords


Lareh, Nan Panjang, Koto Piliang, Bodi Caniago, Nan Bunta.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anas, M. A. (2011). ”Baandai-Andai Da-lam Randai”. Tesis-Karya Pasca-sarjana ISI Padangpanjang.

Diradjo, I. Dt. S. (2009). Tambo Alam Minangkabau. Bukittinggi: Kristal Multimedia.

Hadler, J. (2010). Sengketa Tiada Putus, Matriarkat, Reformis Islam, dan Kolonialisme di Minangkabau. Ja-karta: Freedom Institute.

Jamaan, A. (1992). “Randai Intan Korong di Dusun Pauh Kecamatan Ram-batan Kabupaten Tanah Datar.” Laporan penelitian, Padangpan-jang: ASKI Padangpanjang.

Martis. (2014). ”Mufakek Karambie.” Tesis-karya, Pascasarjana ISI Pa-dangpanjang.

Navis, A.A. (1984). Alam Takambang Jadi Guru. Adat dan kebudayaan Mi-nangkabau. Jakarta: Pustaka Gra-fiti Pers.

Nerosoti. (2005). “Randai Dalam Bentuk Klasik dan Kontemporer”. Maka-lah. Padang: Universitas Negri Padang, Padang.

Putra, N. M. (2013). “ Ishlah.” Tesis-Karya, Pascasarjana ISI Padang-panjang.

Salim, A. dan Zulkifli. 2004. Minang-kabau dalam Catatan Sejarah yang Tercecer. Padang: Yayasan Citra Budaya Indonesia.

Sati, Dt. B. L. (1988). Tutua Nan Badanga, Warih Nan Bajawek, Baradat ka Pariangan, Barajo ka Pagaruyuang. Padang: LKAAM Sumbar.

Yakub, N. (1989). Minangkabau Tanah Pusaka, Tambo Minangkabau Bu-ku Kedua. Bukittinggi: Pustaka Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.