ANALISIS CORAK DAN PROSES VISUALISASI SENI LUKIS LAKER PALEMBANG

Husni Mubarat

Abstract


ABSTRACT

 

The objective of this article is to reveal the history of Laker painting in Palembang; explain the visualization process of Laker painting as one of efforts to preserve Laker craft as Palembang local wisdom and increase the knowledge and insight about Palembang Laker craft. Laker painting is the development of the previously existed Laker craft, through experiment, exploration, and creativity always conducted by several local artists especially those who are the members of Ganesha studio. That effort results on a masterpiece namely Laker painting that is not only unique and beautiful but also has Palembang local wisdom. The qualitative method relies on the researcher as the main instrument in the collection, processing, and analysis of data. Data were gained through observation, interview, and documentation toward the research object. The results of the research were the monochromatic color with the mixture of gold-tin coating and Chinese ink became the feature of Laker painting; the technique and media used and its visualization process is a little bit different from how to paint on canvas. Generally, the object of this painting talks about the icon of Palembang locality.

 

Keywords: laker, painting, feature, palembang

 

 

 

ABSTRAK

 

Tujuan artikel ini adalah untuk mengungkap sejarah lukis Laker di Palembang; menjelaskan proses visualisasi lukis Laker sebagai salah satu upaya untuk melestarikan kerajinan Laker sebagai kearifan lokal Palembang; dalam upaya peningkatkan penge-tahuan dan wawasan terhadap kerajinan Laker Palembang. Seni lukis Lakermerupakan pengembangan dari kerajinan Lakeryang sudah ada. Melalui eksperimen, eksplorasi, dan kreatifitas yang selalu dilakukan oleh beberapa seniman lokal, khususnya yang tergabung dalam Sanggar Ganesha. Usaha tersebut menghasilkan suatu maha karya yaitu seni lukis laker yang tidak hanya unik dan indah, namun juga  memiliki nilai-nilai kearifan lokal Palembang. Metode kualitatif bertumpu pada peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumulan, pengolahan dan analisis data. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi terhadap objek penelitian. Hasil penelitian adalah warna monokromatik dengan paduan perada emas dan tinta cina menjadi corak lukisan Laker, teknik dan media yang digunakan dan proses visualisasinya yang sedikit berbeda dengan cara melukis pada media kanvas. Objek lukisan pada umumnya mengangkat ikon kelokalan Palembang.


Keywords


laker, seni lukis, corak, palembang

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ebdi Sanyoto, Sadjiman (2010). Nirma-na; Elemen-Elemen Seni dan Desa-in. Jalasutra, Yogyakarta.

Kutha Ratna, Nyoman. (2010). Metodo-logi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada U-mumnya. Pustaka Pelajar, Yogya-karta.

Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi Pe-nelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mubarat,Husni. (2016).“Kajian Bentuk Dan Fungsi Seni Kerajinan Laker Tepak Sirih Palembang”. Jurnal Besaung. Volume 1, No. 1, Edisi September 2016.

Saragih, Meriati S, dkk. (1997). Keraji-nan Lak Palembang. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Su-matera Selatan, Palembang.

Subana, M. (2009). Dasar-Dasar Peneli-tian Ilmiah. CV. Pustaka Setia, Bandung.

Informan

Muhammad Idris (35 Th), Seniman Lukis laker, wawancara tanggal 20 September 2018

Harun Rosidi Kamil. (65 Th), Pendiri Sanggar Ganesha Palembang, wa-wancara tanggal 8 Agustus 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.