Nilai Estetik Pertunjukan Gondang Borogong dalam Upacara Pernikahan Di Desa Kepenuhan Barat Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu (The Aesthetic Value of Gondang Borogong Performances in a Wedding Ceremony in West Kepenuhan Village, Kepenuhan District, Rokan Hulu Regency)

Rima Wanti Sabilah HRP, Wilma Sriwulan, Emridawati Emridawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan menyelidiki dan menganalisis bentuk pertunjukan dan nilai estetik yang muncul dalam pertunjukan Gondang Borogong pada upacara pernikahan di Desa Kepenuhan Barat, Rokan Hulu. Saat peneliti mendefenisikan dan menghasilkan data, peneliti menggunakan metode kualitatif serta menggunakan teori: estetika Djelantik dan Monroe Beardsley. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertunjukan Gondang Borogong selalu ditampilkan dalam upacara pernikahan dan dimainkan oleh lima orang pemain musik terdiri dari: satu ogong, dua gondang, dan dua calempong. Membawakan lagu wajib berjudul Nayong Lalu yang merupakan lagu persembahan sebagai pengiring silek, salah satu materi pokok dari proses penikahan. Penelitian ini juga menemukan, bahwa pertunjukan Gondang Borogong serat dengan nilai-nilai estetik antara lain: nilai estetis pemain atau seniman, nilai estetik alat musik, nilai estetik lagu, nilai estetik kostum, nilai estetik waktu dan tempat pertunjukan, serta nilai estetik penonton. Disamping itu, nilai-nilai estetik ini memiliki kesatuan hubungan yang saling bersinergi dan tidak terpisah dari pertunjukan Gondang Borogong pada upacara pernikahan.

ABSTRACT

This study aims to investigate and analyze the form of performance and aesthetic values that appear in the Gondang Borogong performance at a wedding ceremony in Kepuhan Barat Village, Rokan Hulu. When researchers define and generate data, researchers use qualitative methods and apply theory: Djelantik and Monroe Beardsley aesthetics. The results of this study indicate that the Gondang Borogong performance is always performed in wedding ceremonies and is played by five musicians consisting of: one ogong, two gondang and two calempong. Performing the obligatory song titled Nayong Lalu which is a tribute song as an accompaniment to silek, one of the main materials of the marriage process. This study also found that Gondang Borogong fiber performances have aesthetic values, including: the aesthetic values of the players or artists, the aesthetic values of musical instruments, the aesthetic values of songs, the aesthetic values of costumes, the aesthetic values of the time and place of performance, and the aesthetic values of the audience. Besides that, these aesthetic values have a unified relationship that is synergized with each other and is inseparable from the Gondang Borogong performance at the wedding ceremony.


Keywords


Gondang Borogong; Upacara Pernikahan; Bentuk Pertunjukan; dan Nilai-Nilai Estetik.

Full Text:

PDF

References


Aluna, A., Sidik, H., & Enida, D. (2021). Sampelong Batu Putiah: Komposisi Musik untuk Orkestra. MUSICA: Journal of Music, 1(1), 55–64.

Banoe, P. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.

Djelantik, A. A. M. (1999). Estetika: sebuah pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=ZipTNwAACAAJ

Miller, M., & Kirk, J. (1986). Reliability and Validity in Qualitative Research. London: Sage Publications.

Murniati. (2017). Musik gamat dan multikulturalisme di Sawahlunto. Yogyakarta: Interlude. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=9p1bxQEACAAJ

Sedyawati, E. (1981). Pertumbuhan seni pertunjukan. Jakarta: Penerbit Sinar Harapan. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=mjVlAAAAMAAJ

Supriando, S., Nursyirwan, N., & Herawati, H. (2014). Analisis Musikal Repertoar Rarak Godang Melalui Teori Semiologi Musik: Repertoar Kedidi Dan Tigo-tigo Sebagai Material. Bercadik: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 2(2).

Taylor, & Bodgan. (1975). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya. Bandung: Remadja Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/musica.v2i2.2802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077

Email: musica@isi-padangpanjang.ac.id 

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.