Andung-Andung Ni Sordam

Albiner Purba, Ibnu Sina, Sastra Munafri

Abstract


Komposisi musik Andung-andung Ni Sordam merupakan komposisi yang terinspirasi dari instrumen musik tradisional dan kesenian tradisional Batak Simalungun yaitu Sordam dan Andung-andung. Komposisi ini menggunakan idiom musik dan karakter suara alat musik Sordam. Andung-Andung Ni Sordam merupakan musik komposisi gaya Fantasia yang digarap dalam bentuk tiga bagian dengan format orkestra. Dalam komposisi musik ini melodi dan pola ritme yang berangkat dari Andung-andung dan Sordam diambil sebagai gagasan yang digarap dalam sebuah komposisi musik instrumental. Dalam penggarapan komposisi musik Andung-andung Ni Sordam digunakan beberapa teknik pengolahan variasi motif seperti repitation, sequencing, imitasi, interpolasi, permutasi dan teknik komposisi seperti conterpoint,  ABSTRACTThe composition of music Andung-andung Ni Sordam is a composition inspired by instrument music traditional and traditional arts Batak Simalungun namely Sordam and Andung-andung.  This composition uses musical idioms and the sound characters of Sordam instruments. Andung-Andung Ni Sordam is a composition music with a Fantasia style worked in the form of three parts with an orchestral format. In this musical composition, melodies and rhythm patterns that depart from Andung-andung and Sordam are  taken as ideas that are worked on in an instrumental music composition. In the cultivation of Andung-andung Ni Sordam music composition,  several techniques for processing variations of motifs such as repitation, sequencing, imitation, interpolation, permutations and compositional techniques such as conterpoint, without losing the characteristics of Andung-andung and Sordam music

Keywords


Andung-andung; Sordam; Fantasia and Orchestra.

Full Text:

PDF

References


Adler, Samuel, 1903, The Study Of Orchestration, New York London

Banoe, Pono, 2003, Kamus Musik, Yogyakarta: kanisius.

Christopher D.S Field, Eugene Helm, and William Drakbin. 2001. “Fantasia” dalam The New Grove Dictionary of Music and Musicians. ed. Stainley Sadie. Edisi ke-2. Jilid 8 London: Mc Millan Publisher.

Deni Silaban, (2020).studi deskriptif teknik permainan sordam oleh bapak Mangsi Simalango di desa salaontoba, kecamatan rournihuta, kabupaten tobasa. Skripsi. Program Studi Etnomusikologi, Universitas Sumatera.

Kusumawati, Heni. 2004, Komposisi Dasar.Yogyakarta,Fakultas Seni dan Bahasa, Universitas Negeri Yogyakarta

Miller Michael. Alpha (2007), The Complete Idiot's Guide to Arranging and Orchestration. 375 Hudson Street, New York.

Martahan, (2018). Pertunjukan musik .Suara Dari Gunung Toba. Diunggah pada 28 Maret 2017. Diakses pada 21 Maret 2023.

Panjaitan, Op Faustin, 2010, Kamus Bahasa Batak Toba, Depok

Persichety, Viencent. (1961) Twentieth Century Harmony. Central Chichago, New York

Perricone, Jack. (2000) Melody In Songwriter Tools and Techniques.

Massachusetts, Boston.

Prier, SJ Karl-Edmund, 1996, Ilmu Bentuk Musik, edisi keenam, Pusat Musik Liturgis, Yogyakarta

Stein, leon. (1979), Structure & Style And Analysis Of Musical Form. Summy Birchard Music, New York

AUDIO

Cara memainkan Sordam tutorial Sodam part 1-Solmisasi, Diunggah pada 28 Maret 2017. Diakses pada 18 Maret 2023. https://www.youtube.com/watch?v=v3YNzREu3_U&t=2s

Gondangta Studio memainkan Sordam dan tulila. Diunggah pada 8 Juni 2018. Diakses pada 18 Maret 2023. https://youtu.be/HwUZHLlbNqk




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/musica.v3i2.3928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Jl. Bahder Johan 27128, Sumatera Barat (0752) 82077

Email: musica@isi-padangpanjang.ac.id 

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.