EKSPLORASI TAPANULI SELATAN DALAM TRAVELING PHOTOGRAPHY

Ilman Kusnadi, Indah Susanti, Haslinda Mora

Abstract


Jurnal ini membahas tentang eksplorasi Tapanuli Selatan melalui media fotografi yakni Traveling Photography. Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan keindahan alam, budaya, aktivitas manusia, kuliner, bangunan bersejarah dan objek lainnya yang ada di Tapanuli Selatan. Metode  penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan juga tidak terlepas dari metode penciptaan yang diawali dari persiapan, perancangan, perwujudan dan penyajian karya. Pengambilan karya dilakukan di tujuh kecamatan yang ada di Tapanuli Selatan yaitu Kecamatan Batang Toru, Muara Batang Toru, Angkola Sangkunur, Marancar, Sipirok, Angkola Muara Tais dan Sayur Matinggi.

Minimnya visual tentang kekayaan objek wisata dan kebudayaan masyarakat Tapanuli Selatan mendorong penulis untuk melakukan eksplorasi lebih jauh melalui medium fotografi. Apalagi keberadaan visual serta promosi terkait Tapanuli Selatan yang ada tidak memenuhi secara aspek fotografi. Inilah yang melatarbelakangi penulis untuk membahasnya melalui rentetan karya fotografi. Teknik fotografi yang digunakan pada ranah jurnalistik ini adalah framing, detail, higt angle, low angle dan beberapa teknik fotografi lainnya. Melalui Traveling Photography keindahan alam dan kekayaan budaya di daerah Tapanuli Selatan menjadi arsip pribadi dan pengenalan lebih kepada masyarakat luas. Tentunya tanpa melepaskan unsur  dan esensi Traveling Photography yakni alam, manusia, dan kuliner. 

Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam serta memperkuat keberadaan destinasi wisata di daerah tersebut. Karya fotografi yang penulis hadirkan diharapkan bisa sebagai bahan acuan bagi institusi bidang fotografi dalam penciptaan dan pengkajian baru khususnya pada penciptaan ranah Traveling Photography.  Selain itu juga menggali potensi pengembangan pariwisata melalui media visual fotografi. Penulis berharap hasil penelitian ini juga dapat berkontribusi dalam mempromosikan potensi wisata, kebudayaan masyarakat, kuliner, bangunan bersejarah di Tapanuli Selatan dan memberikan inspirasi bagi penggiat fotografi untuk terus menggali dan mengembangkan destinasi wisata yang berkelanjutan. 


Keywords


Kata Kunci : Eksplorasi, Pesona, Tapanuli Selatan, Traveling, Fotografi.

Full Text:

PDF

References


Abdi Yuyung, 2013, Travelling phoyography bes spot. PT Elex Media Koputindo, Jakarta

Audy Alwi, Mirza. 2004. Foto Jurnalistik Metode Memotret dan Mengirim Foto Ke Media. Bumi Aksara. Jakarta

Gani Gita, Ratri Rizki Kusumalestari. 2013, Jurnalistik Foto: Simbiosis Rekatan, Bandung

Susanti Indah. 2024. Pemberdayaan Budaya Visual Erison J. Kambari dalam Ranah Pelestarian Budaya Lokal Sumatera Barat.

Taufan, Wijaya, 2011, Foto Jurnalistik: CV Sahabat, Klaten.

Tjin Enche Erwin Mulyadi, 2014, Kamus Fotografi: PT Media Kaputindo, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/matalensa.v4i2.4586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Matalensa: Journal of Photography and Media  

E-ISSN 2580-2208 | DOI: 10.26887/matalensa 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/MTLS/index
Email: matalensa@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Putri Khairina Masta, S.S., M.Si | Managing Editor: Cindi Adelia Putri Emas, S.Sn., M.SnThegar Risky.S.Kom 
Publisher: Program Studi Fotografi kerjasama dengan Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

  

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.