ANALISIS TULISAN KAWAT DALAM ESTETIKA DAN SIMBOL

Ramadhani Kurniawan

Abstract


This study aims to present metal wires as visual objects in creating works as well as providing articulation, interaction with the audience of the work, as well as providing awareness to observe carefully. The analysis of wire writing in aesthetics and symbols became the inspiration in this research. The method used in this creation is the making of craft art, namely exploration, design, and embodiment using brainstorming, improvisation and imaginary methods, as well as media and technique exploration. Wire writing that is assembled and connected as a whole is a beauty that gives unity values to the signs that surround us, with a series of words arranged randomly and regularly. Using techniques, twisting, bending, connecting and wire using pliers manually. Wire is part of the extraordinary power that becomes an inspiration when people see and observe the uniqueness in aesthetics and symbols.

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan kawat logam sebagai objek visual dalam penciptaan karya serta memberikan artikulasi, interaksi terhadap si penikmat dengan karya, juga memberikan kesadaran penikmat untuk  mengamati dengan seksama. Analisis tulisan kawat dalam estetika dan simbol menjadi inspirasi dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penciptaan ini adalah penciptaan seni kriya yaitu eksplorasi, perancangan, dan perwujudan dengan metode brainstorming, improvisasi dan imajiner, serta ekplorasi media dan teknik. Tulisan kawat yang dirangkai dan disambung secara keseluruhan merupakan keindahan yang memberikan nilai kesatuan terhadap tanda-tanda yang ada di sekeliling kita, dengan rangkaian kata yang disusun secara acak dan teratur. Menggunakan teknik, melilit, menekuk, menyambung dan memotong kawat memakai tang secara manual. Kawat menjadi bagian dari kekuatan tulisan sehingga menjadi inspirasi ketika orang melihat dan mengamati keunikan dalam estetika dan simbol.



Keywords


kriya, seni logam, simbol, estetika

Full Text:

PDF

References


A.A.M. Djelantik. (2004). Estetika Sebuah Pengantar, Bandung : Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia

Abay D. (2006). Subarna, Herry Dim, Jabatin Bangun Philip Yampolsky, Sistem Tulisan dan kaligrafi.

Andono, (2021). Seni Kriya Kontemporer, Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.

Berger, Arthur Asa. (2005). Tanda-Tanda dalam kebudayaan Kontemporer, Suatu Pengantar Semiotika, Terjemahan Dwi Marianto, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Bastomi, Suwaji. (1992). Wawasan Seni, Semarang: IKIP Semarang Presss.

Budiman, Kris. (2005). IKONISITAS: Semiotika Sastra dan Seni Visual, Yogyakarta: BukuBaik

Feldman, Edmund Bruke. (1991). Art Image of Idea, terj. SP. Gustami, Fakultas Seni Rupa dan Disain, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Gustami, SP. (2007). Butir-butir Mutiara Estetika Timur: Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia, Yogyakarta: Prasista.

Irianto, Asmudjo Jono. (2009). Kriya Dalam Wacana Seni Rupa Kontemporer dalam Proseding “Seni Kriya dan Kearifan Lokal dalam Lintasan Ruang dan Waktu”, tanda mata untuk Prof. Drs. SP. Gustami, SU., Yogyakarta: BID ISI.

Kurniawan, Ramadhani. (2014). Tulisan Dalam Objek: Program Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Katalog Pameran UNDAGI#2: Pameran Besar Seni Kriya, Yogyakarta, 9-13 Mei 2018.

Kamus Ilmiah Populer, (2006). Penerbit. GITAMEDIA PRESS: Surabaya.

Marianto, Dwi M, (2011). Menempa Quanta Mengurai Seni, Badan penerbit, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Munir, (2008). Dasar Teori dan Multimedia Digital, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Saini, K. M. (2001). Taksonomi Seni, STSI Press Bandung, Bandung.

Sachari, Agus. (2002). Estetika: Makna, Simbol dan Daya, Bandung: ITB Press.

Sufriadi, Dedy. (2013). Hipertext, Eksplorasi Teks Dalam Seni Lukis, Program Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Sumardjo, Jakob. (2000). Filsafat Seni, Bandung: Penerbit ITB.

Sony Kartika, Dharsono. (2004). Pengantar Estetika, Penerbit Rekayasa Sains, cet 1. Bandung.

Soedarso Sp. (2006), Trilogi Seni: Penciptaan, eksistensi, dan Gunaan Seni, Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Tinarbuko, Sumbo. (2010). Semiotika Komunikasi Visual, Anggota IKAPI Jalasutra: Yogyakarta, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/relief.v2i2.3279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Relief: Journal of Craft is indexed by: