VISUALISASI RANGKIANG DALAM PENCIPTAAN SELENDANG DENGAN TEKNIK BATIK DAN SULAMAN

Safira Sherly, Yeni Yeni

Abstract


The purpose of creating this artwork is to visualize rangkiang with Minangkabau motifs on shawls using batik and embroidery techniques. The method used in making this shawl goes through the stages of preparation, elaboration, synthesis, concept realization and completion. The results achieved in the creation of this embroidery work are the shawls entitled  motif rangkiang jo motif itiak pulang patang, motif rangkiang jo motif aka cino, motif rangkiang jo motif rantiang babungo, motif rangkiang jo motif kaluak paku, motif rangkiang jo motif siriah gadang, motif rangkiang jo motif padi, motif rangkiang jo motif rantiang babungo.

Adanya tujuan penciptaan karya seni ini adalah untuk memvisualkan rangkiang dengan motif Minangkabau pada kain selendang dengan teknik batik dan sulam. Metode yang digunakan dalam penciptaan selendang ini melalui tahap persiapan, elaborasi, sintesis, realisasi konsep dan penyelesaian. Hasil yang dicapai dalam penciptaan karya seni sulaman ini yaitu berjudul motif rangkiang jo motif itiak pulang patang, motif rangkiang jo motif aka cino, motif rangkiang jo motif rantiang babungo, motif rangkiang jo motif kaluak paku, motif rangkiang jo motif siriah gadang, motif rangkiang jo motif padi, motif rangkiang jo motif rantiang babungo.


Keywords


craft, traditional textile, minangkabau culture.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Taufik, Desra Imelda, Sigi Nadia Prameswari, and Mahat Selfi Putri. 2022. “PENGARUH NILAI ISLAM PADA VISUAL PAKAIAN PENGANTIN ADAT MINANGKABAU KOTO GADANG.” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 08(02): 215–30.

Chairani, Nurika, and Wisnu Prastawa. 2021. “Kreasi Nanas Sebagai Kain Motif Pada Kain Panjang.” Journal of Craft 1(1): 8–18.

Hanafi, Doli Indra, and Rahmad Washinton. 2022. “MOTIF AKA CINO SAGAGANG.” Relief: Journal of Craft 1(2).

Ernis. 2011. Nirmana 1. Padang: Universitas Negeri Padang

Lisbijanto, Herry. Batik, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

Indah Sari, Suryani 2022. Rangkiang dan Surau dalam Penciptaan Selendang Batik.Skripsi thesis. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakata.

Kartika, D.S. 2004 Seni Rupa Modern.Bandung : Rekayasa Sains.

UNDRI (Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat). 2018. FilosofiRangkiang, Salah Satu Solusi Pemberantasan Gizi Buruk. Padang. Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat.

Setiawan, Didik. 2018. Lembuswana Kombinasi Motif Sulur Dayak Kenyah Pada Selendang Batik.Skripsi thesis. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Winarsih, Wilastri. 2014. Menghias Kain Dengan Sulaman. Vol 4 number 2, Januari 2022. Diambil dari:https://journal.uny.ac.id/index.php/wuny/index.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/relief.v2i2.3748


Relief: Journal of Craft  

E-ISSN 2809-2945 | DOI: 10.26887/relief 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/RELIEF/index
Email: jurnalrelief@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Ahmad Bahrudin, S.Sn., M.Sn| Managing Editor: HIjratur Rahmi, S.Pd Redaktur :  Yulimarni, S.Sn.,M.Si | Rahma Fitri Anna, S.K.M
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Relief: Journal of Craft© 2022 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International