EKSPRESI RUMAH LONTIOK DAN FENOMENA DI SEKITARNYA PADA KARYA RELIEF KAYU

Afiq Setiawan, Purwo Prihatin, Sumadi Sumadi

Abstract


Penciptaan karya akhir ini bersumber dari rumah adat lontiok  Kampar Riau sebagai konsep karya seni relief kayu. Karya ini bertujuan mewujudkan kembali rumah lontiok dan mengekspresikan bentuk rumah dengan fenomena yang ada di sekitarnya menjadi bentuk karya relief kayu. Metode penciptaan karya akhir ini menggunakan tiga tahap, yaitu tahap eksplorasi yang dimulai dengan observasi langsung atau melalui kajian literatur, tahap perancangan dengan membuat desain melalui referensi gambar, sketsa alternatif, dan desain pilihan, tahap perwujudan melalui pemilihan bahan kayu  yang berkualitas, penggunaan alat dan teknik ukir. Hasil dari karya yang diciptakan adalah memvisualisasikan bentuk arsitektur rumah lontiok dengan fenomena alam yang terjadi di Kampar melalui karya-karya kriya seni yang memiliki hubungan dengan sosial masyarakat setempat. Karya seni yang dihasilkan berupa hiasan dinding yang memberi pesan kepada masyarakat agar terus menjaga rumah adat lontiok agar tetap terjaga dan lestari.

 


Keywords


Ekspresi, Rumah Lontiok, dan Relief Kayu.

Full Text:

PDF Untitled

References


Afif, F. (2018). Pisang Sebagai Inspirasi dalam Karya Relief Kayu. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang Padang.

Dharsono Sony Kartika, (2017). Seni Rupa Modern, Bandung: Rekayasa Sains.

Dharsono Sony Kartika Dan Nanang Ganda Perwira, (2004). Pengantar Estetika, Bandung: Rekayasa Sains.

Feldman, Edmund Burke, (1967), Art as Image and Idea, Prentice Hall Inc, New Jersey.

Gun Faisal, (2019). Arsitektur Melayu: Identifikasi Rumah Melayu Lontiok Suku Majo Kampar, Langkau Betang: Jurnal Arsitektur, Vol. 6, No. 1, 1-12.

Gustami, SP. (2007). Butir-butir Mutiara Estetika Timur: Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia, Yogyakarta: Prasista.

Hasnul Fachri, (2021). Carano Minangkabau Dalam Ekspresi Kriya Kayu, Relief: Journal of Craft, Vol. 1, No. 1, November, 31-7.

Mikke Susanto, (2011). Diksi Rupa: Kumpulan Istilah Dan Gerakan Seni Rupa, Yogyakarta: DictiArt Lab & Djagat Art House.

Wahyu Wananda Putra, (2015). Representasi Makna Simbol Ragam Hias Pada Rumah Lontiok Kabupaten Kampar Riau (Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Simbol Rumah Lontiok Di Desa Ranah Air Tiris Kabupaten Kampar), JOM FISIP Volume 2, No 1 Februari, 1-15.

Wilda Zahara, (2022). Bentuk Suntiang Sebagai Motif Pakaian Wanita Dengan Teknik Batik Tulis, Relief: Journal of Craft, Vol. 2, No. 1, November, 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/relief.v2i2.3749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Relief: Journal of Craft is indexed by: