KREASI KALIGRAFI ASMA’UL HUSNA PADA KRIYA KAYU

Ahmad Rivaldi Ahmad rivaldi, nofrial nofrial, Ferawati Ferawati, riswel zam

Abstract


 ABSTRAKKarya ini mengangkat kreasi kaligrafi Asma’ul Husna pada kriya kayu dengan menggunakan khat Tsuluth. Asma’ul Husna, yang terdiri dari 99 nama-nama Allah, mengandung makna yang sangat dalam, mencerminkan sifat-sifat Tuhan yang Maha Esa. Setiap nama dalam Asma’ul Husna mengandung pesan spiritual yang dapat menjadi petunjuk hidup bagi umat manusia. Pemilihan kayu sebagai media dalam pembuatan karya ini memberikan sentuhan alami yang memperkaya dimensi estetika dan filosofi yang terkandung dalam setiap nama Allah. Gaya khat Tsuluth dipilih karena memiliki karakteristik goresan yang elegan dan melengkung, yang mampu menggambarkan keindahan serta kebesaran Tuhan dengan cara yang dinamis namun terstruktur. Karya ini tidak hanya berfokus pada nilai estetika, tetapi juga mengajak penikmat untuk merenungkan makna spiritual dari setiap nama Allah yang ditulis.  Penciptaan karya ini menggunakan teori fungsi, dan teori estetis. Metode penciptaan karya seni melalui tiga tahap, tahap eksplorasi dengan mencari referensi melalui studi pustaka maupun lapangan. Tahapan perancangan dengan membuat gambar rancangan melalui gambar sketsa alternatif dan desain gambar. Tahap perwujudan menggunakan bahan kayu surian, dengan teknik ukir pahat ketinggian sedang, dan finishing menggunakan tinta printer yang dilapis memakai melamin lack clear doff dan penyajian karya merupakan metode yang digunakan dalam mengenalkan hasil karya seni kepada masyarakat luas sebagai media dakwah. Karya berupa kaligrafi dua dimensi, yang diciptakan sebanyak tujuh karya, yaitu: Al Hakiim, Al Wadud, Al Kariim, Ar Rahman, Al Lathiif, Ar Rahiim, dan Al Wakiil.     

Keywords


Kata kunci: Asma'ul Husna, Kreasi, Kayu

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alqur’an dan terjemahanya. 2010. Kementrian Agama RI. Bandung, Fokusmedia.

Kartika, Dharsono Sony, 2004. Pengantar Estetika. Bandung: Rekayasa Sains. 2017. Seni Rupa Modern. Bandung, Rekayasa Sains.

Mukhtarijal. 2022. “Ekspresi Kaligrafi Surah Al-Qariah Pada Kriya Kulit, Laporan Tugas Akhir”. Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Padangpanjang

Pranata, Arolan Antonio, 2019.“Kaligrafi Islam Sebagai Ide Penciptaan Dalam Kriya Kayu, Laporan Tugas Akhir”. Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Padangpanjang

Rahmadi.,& Jaferi, A. R 2017. Konsep Dan Dimensi Al-Asma Al-Husna Telaah Terhadap Karya Intelektual Ulama Kalimantan. Banjarmasin, Nusa Litera Inspirasi.

Rispul, 2012. Kaligrafi Arab Sebagai Karya Seni. Jakarta, Multi Kreasi Singgasana.

Sirojuddin, 2000, Seni Kaligrafi Islam, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Mike., 2002. Diksi Rupa. Yogyakarta, Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/relief.v4i1.5375


Relief: Journal of Craft  

E-ISSN 2809-2945 | DOI: 10.26887/relief 
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/RELIEF/index
Email: jurnalrelief@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: thegar.risky@gmail.com
Editor in Chief: Ahmad Bahrudin, S.Sn., M.Sn| Managing Editor: HIjratur Rahmi, S.Pd Redaktur :  Yulimarni, S.Sn.,M.Si | Rahma Fitri Anna, S.K.M
Publisher: Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 


Relief: Journal of Craft© 2022 by LPPM Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under Attribution-NonCommercial 4.0 International