KOMIK ADAT SUMBANG DUO BALEH SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAGI PEREMPUAN MINANGKABAU

Gabrie Hannan Fadillah Khair, Harissman Harissman, Olvyandra Ariesta

Abstract


Penciptaan karya Tugas Akhir dengan judul “Komik Adat Sumbang Duo Baleh Sebagai Media Informasi bagi Perempuan Minangkabau”, didasarkan kepada ketertarikan pengkarya terhadap fenomena adat Sumbang Duo Baleh yang merupakan adat sopan santun dan tingkah laku di suku Minangkabau, Sumatera Barat. Pengkarya menghadirkan karya berupa komik sebagai bentuk penyampaian informasi bagi perempuan Minangkabau yang berada diwilayah Sumatera Barat maupun perempuan keturunan Minang tentang Sumbang itu sendiri dan aturan-aturan yang harus dipahami seorang perempuan di Minangkabau. Metode penciptaan yang dilakukan terdiri dari persiapan meliputi pengumpulan data, studi pustaka, wawancara, angket online, pembuatan karakter komik, sinopsis cerita, storyboard, dan mengunggah hasil karya pada laman komik online berbasis Webtoon. Komik berbasis online dipilih karena lebih mudah diakses sebagaimana saat ini anak remaja yang sudah lebih banyak memakai ponsel dan akses jaringan sehingga tidak sulit dalam mengakses komik ini. Karya dalam bentuk dua dimensi yang disusun secara memanjang dan diunggah pada laman Webtoon menggunakan aplikasi Ibis Pain-X dan Adobe Ilustrator. Cerita didalam komik meliputi Sumbang Duo Baleh itu sendiri yakni Sumbang Duduak, Sumbang Makan, Sumbang Kato, Sumbang Mancaliak, Sumbang Bapakaian, Sumbang Tanyo, Sumbang Jawek, Sumbang Bajalan, Sumbang Bagaua, Sumbang Karajo, Sumbang Kurenah, dan Sumbang Tagak.


Keywords


Komik Digital, Sumbang Duo Baleh, Webtoon

Full Text:

PDF

References


Alfian dan Dewi Fortuna Anwar. 1983. Wanita dalam Masyarakat Minangkabau. Jurnal Masyarakat Indonesia Dalam Jurnal Kajian Ilmiah Gender.

Gumelar, MS. 2011. Comic Making Cara Membuat Komik. Jakarta: Permata Puri Media.

Hakimy, Idrus Datuk Rajo Penghulu. 1976. Peganggan Bundo Kanduang di Minangkabau. Bandung: CV. Rosda.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Publisher.

Mahasri, Indiria. 2016. Ilustrasi. Yogyakarta: Penerbit ISI Yogyakarta.

Putra. Yeri S. 2007. Minangkabau di Persimpangan Generasi. Padang: PSH- FS Universitas Andalas dan Amongkarta.

Seruni, Sylvia Alena. 2017. “ Sumbang Duo Baleh: Cara Adat Minang Menjaga Kehormatan Perempuan”.http://www.wonderfulminangkabau.com/sumbang-duo-baleh-adatperempuan/. 2 Desember 2020.

Wijaya, Pricilla Yunita. 2004. Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual. Surabaya: Universitas Kristen Petra.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v2i1.3236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Gabrie Hannan Fadillah Khair, Harissman Harissman, Olvyandra Ariesta

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.