ANALISIS PESAN IKLAN TOKOPEDIA DALAM FILM PENDEK “BERBEDA BERSAMA” (ANALISIS SEMIOTIKA PIERCE)

Srinina Srinina, Fentisari Desti Sucipto, Asrinaldi Asrinaldi

Abstract


Penelitian ini membahas pesan yang terdapat pada iklan Tokopedia dalam film pendek “Berbeda bersama” serta ide kreatif yang mendasarinya. Tokopedia merupakan salah satu mall belanja berbasis online terbesar di Indonesia. Peneliti memilih judul ini dikarenakan iklan ini bertema “Ramadhan”, namun atribut yang digunakan oleh pemeran perempuan tidak susuai dengan anjuran agama islam, penulis menilai iklan ini kontradiktif (bertentangan) dengan anjuran yang seharusnya. Akan tetapi, setiap iklan termasuk iklan ini terdapat ide kreatif yang mendasari konsep iklan tersebut. Selain itu, dalam iklan tersebut kemungkinan mengandung pesan positif yang perlu dikaji secara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Pierce dalam mencari makna serta ide kreatif yang terdapat pada iklan Tokopedia dalam film pendek “Berbeda bersama” yang bertema “Ramadhan”. Teori yang digunakan adalah teori segitiga makna Pierce yang dibagi menjadi tanda, objek dan interpretasi, penulis memfokuskan analisis tanda berdasarkan objek, yang membagi tanda menjadi ikon, indeks dan simbol. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang bersifat deskriptif dan lebih menekankan pada proses dan makna untuk menjelaskan fenomena secara lebih mendalam. Makna pesan yang terdapat dalam iklan adalah menjalin silaturahmi dengan mengunjungi tetangga, berbagi dengan sesama yaitu dengan memberikan kue ke tetangga, dan mengajak berbuka bersama para tetangganya.


Keywords


Iklan, Semiotika, Makna, Pesan

Full Text:

PDF

References


Karlina, Nichi Hana. 2018. Analisis Semiotika dan Pesan Sosial pada Iklan Coca-Cola versi Avatar. Jurnal Artcomm, 1 (1).

Mangkawani, Andi Puteri. 2020. Makna Tanda dalam Iklan Cerdikiawan Gojek Indonesia. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (1).

Ngguna, Februnia Mura. 2018. Makna Sukses dalam Iklan LA Lights. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7 (3).

Rustan, Surianto. 2017. Font dan Tipografi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto. 2019. Warni. Jakarta: PT Lintas Kreasi Imaji.

Sobur, Alex. 2016. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v2i2.3645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Srinina Srinina, Fentisari Desti Sucipto, Asrinaldi Asrinaldi

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.