PERANCANGAN VISUAL BRANDING TAMAN RIMBA ZOO JAMBI

Suci Aulia, Yoni Sudiani, Olvyandra Oriesta

Abstract


Setiap lokasi dapat memiliki sebuah brand dengan menciptakan dan mengkomunikasikan identitas bagi suatu lokasi yang bersangkutan. Proses ini ditujukan untuk merubah presepsi seorang terhadap lokasi tersebut termasuk melihat perbedaan sebuah tempat lainnya untuk dipilih sebagai tujuan. Keseluruhan proses ini dikenal sebagai branding untuk memberikan citra kepada publik tentang suatu brand. Adapun permasalahan yang dikaji adalah visual branding terhadap Taman Rimba Zoo Jambi belum memiliki komunikasi visual yang mampu menjangkau publik secara efektif. Dalam hal ini, Taman Rimba membutuhkan ide dan inovasi untuk membangun identitas, serta media komunikasi visual yang efektif dan komunikatif sehingga memiliki brand awareness untuk meningkatkan daya tarik konsumen. Oleh karena itu, dalam menyelesaikan kendala tersebut terciptanya desain logo, maskot serta bauran media yang mempersentasikan citra Taman Rimba Zoo Jambi. Penelitian ini mneggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kusioner. Analisis data menggunakan SWOT dan 5w+1H. Konsep perancangan menonjolkan identitas Taman Rimba sebagai tempat wisata hiburan dan alam.


Keywords


Jambi, Taman Rimba Zoo, Visual branding.

Full Text:

PDF

References


Achmad Y.A. 2015. Penciptaan City Branding Melalui Maskot Sebagai Upaya mempromosikan Kabupaten Lumajang. Jurnal Art Nouveau;

Hellow, M, 2018. Komponen-komponen Visual branding. Dublin;

Landa, R, 2014. Grapich Design Solutions 5th edition. Massachusetts: Wadswoth;

Putra, Ricky W. 2020. Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Yogyakarta;

Sahat, Aditua. 2017.” Pengaruh Pengguna Sosial Media dan Internet Sebagai Media Informasi”. Universitas Negeri Yogyakarta;

Setyanto, Wikan Daniar Stef. 2010. Corporate Identity. Diakses 22 Agustus 2022;

Sihombing, Danton. 2001. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia;

Thom Braun. 2004. The Psikologi of Branding. United States (ebook);

Wheeler, A. 2013. Design Brand Identity. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc;

Wijaya, Zerlinda Sarah. 2021 Perancangan Visual Branding Pendukung Wisata Rumah Sleman Private Boutque Hotel Yogyakarta. Diakses 22 Agustus 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v2i2.3650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suci Aulia, Yoni Sudiani, Olvyandra Oriesta

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.