PERANCANGAN GRAFIS LINGKUNGAN PASAR KAMIS KILANGAN SINGKIL

Dayu Salihin, Rino Yuda, Nisa Putri Rachmadani

Abstract


ABSTRAK

Pentingnya media informasi pada suatu lingkungan dalam bentuk identitas dan sign system, dapat digunakan sebagai salah satu sebagai alat bantu publik dalam berinteraksi dengan ruang. Kemajuan teknologi sekarang sangat memudahkan pengguna dalam berkegiatan, dengan adanya perkembangan zaman yang canggih sitem informasi dalam media digital yaitu Perancangan Grafis Lingkungan Pasar Kamis Kilangan Singkil target audiens yaitu masyarakat singkil, khususnya pembeli atau pengunjung pasar kamis kilangan singkil. Dimulai dengan observasi langsung ke pasar kamis kilangan singkil dan wawancara online melalui  kuesioner kepada masyarakat yang tiap minggunya berbelanja di Pasar Kamis Kilangan Singkil. Kemudian dianalisa menggunakan metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu dengan menggunakan metode analisis SWOT dan Target Audience. Grafis Lingkungan berperan sebagai menginformasikan, mengarahkan, dan mengidentifikasi tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas estetika dan psikologis dari suatu lingkungan. Dan berfungsi sebagai penunjuk yang berbentuk landmark dan sign sytem. Aplikasi pembuatan grafis lingkungan menggunakan procreate dan Adobe Photoshop. Proses terlebih dahulu dilakukan membuat sketsa landmark dan sketsa sign system, kemudian diolah kedalam bentuk digitalisasi, pewarnaan, layouting. Dengan menyajian diambil dari bentuk-bentuk elemen yang berkaitan dengan lingkungan Pasar Kamis Kilangan Singkil, yaitu bentuk bangunan dan jenis dari setiap pedagang sehingga membentuk suatu alur yang menyatu. Perancangan juga memperindah tampilan pasar dan memiliki nilai daya Tarik. Adapun karya-karya pendukung dari perancangan grafis lingkungan Pasar Kamis Kilangan Singkil ini berupa karya digital, baju, pin, dan apron.

ABSTRACK

The importance of media information in an environment in the form of identity and sign systems, can be used as one of the public tools in interacting with space. Advances in technology now make it very easy for users to carry out their activities, with the development of a sophisticated information system in digital media, namely Graphic Design for the Thursday Singkil Market Environment, the target audience is the Singkil community, especially buyers or visitors to the Singkil Thursday market. Starting with direct observations at the Thursday Kilangan Singkil market and online interviews via questionnaires to the public who shop at the Thursday Kilangan Singkil Market every week. Then analyzed using the method used in analyzing the data, namely by using the SWOT and Target Audience analysis methods. Environmental graphics serve to inform, direct, and identify but also serve to enhance the aesthetic and psychological qualities of an environment. And serves as a pointer in the form of landmarks and sign systems. Environmental graphic creation application using procreate and Adobe Photoshop. The first process is to make landmark sketches and sign system sketches, then process them in the form of digitization, coloring, layouting. By presenting it taken from the forms of elements related to the Thursday Kilangan Singkil Market environment, namely the shape of the building and the type of each trader so as to form a unified path. The design also beautifies the appearance of the market and has an attractive value. The supporting works of the environmental graphic design of the Singkil Kilangan Thursday Market are in the form of digital works, clothes, pins and aprons. 


Keywords


Grafis lingkungan, Landmark, Sign System, Pasar kilangan Singkil

Full Text:

PDF

References


Angga Dwi Susilohadi, Bambang Soemardiono, dan Rabbani Kharismawan (2014). Konsep Perancangan Menara Surabaya sebagai Landmark dalam Fenomena Iconisation. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Chris Calori, David Vanden-Eynden. (2015). Signage And Wayfinding Design.

Hasyim Hasanah (2016) Teknik-Teknik Observasi. Universitas Islam Negeri Semaran.

Johanis Adityawan. (2015). Perancangan Sign System Untuk Pasar Rasamala Semarang. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Kevin Dwi Afira. (2019). Perancangan Sign System Pasar Bandar Buek Kota Padang. Universitas Negeri Padang.

Kurniawati, Dwi Wahyuni. (2016). Ungkapan Estetis Dan Eksistensi Sketsa Ivanovich Agusta Sebagai “Patron” Pelukis Anak Indonesia Pada Tahun 1979-1984. Universitas Negeri Semarang.

Lia Anggraini S. Kirana Nathalia. (2014). Desain Komunikasi Visual Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula.

M. Sayuti, Yosa Fiandra. (2020). Perancangan Grafis Lingkungan Kompleks Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tebo. Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Mita Roza. (2015). Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. Universitas Riau.

Moch.Noudfal Gzali, Alimudin, Irfan Arifin. (2020). Perancangan Grafis Sign Sytem Falkutas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Purwaningsih. (2015). Perancangan Grafis Lingkungan Objek Wisata Kampoeng Djawa Sekatul. Universitas Negri Semarang.

Stivani Ayuning Suwarlan, Meidiana, Elyn Fransiska Yeovivan, Fanny Nimita, Susanto, Indrawan, Mikel Owen, Friendy (2020). Perancangan Landmark Pesisir Pantai Kampung Tua Tanjung Riau Sebagai Wisata Maritim Melalui Konsep Arsitektur Methapora. Universitas Internasional Batam.




DOI: http://dx.doi.org/10.26887/vcode.v2i2.3690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 VCoDe : Visual Communication Design Journal

Creative Commons License
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.