ANALISIS KEGAGALAN IMPLEMENTASI STRATEGI CAUSE MARKETING GOKANA DI INSTAGRAM PADA ERA KRISIS PANDEMI COVID-19
Abstract
Dalam era pemasaran modern, strategi cause marketing yang menggabungkan program pemasaran komersial dengan isu sosial menjadi penting bagi merek dagang untuk membangun koneksi emosional dengan pelanggan, khususnya selama krisis global pandemi Covid-19. Penelitian ini mengkaji kegagalan implementasi strategi kampanye cause marketing serupa terhadap fenomena kampanye cause marketing Burger King yang dilakukan oleh Gokana di Indonesia.
Analisis yang dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus pada copywriting serta aspek desain komunikasi visual lainnya. Temuan menunjukkan bahwa kampanye pemasaran yang tidak tulus hanya dianggap mengejar keuntungan komersial semata dapat memicu reaksi skeptis dan tanggapan negatif dari publik.
Meskipun Gokana mengalami peningkatan dalam jumlah pengikut dan unggahan di media sosial, engagement rate yang mencerminkan kualitas interaksi audiens tidak menunjukkan peningkatan yang sama. Hal ini menandakan bahwa strategi cause marketing Gokana tidak berhasil membangun koneksi emosional yang kuat dengan audiens. Dengan demikian implementasi strategi cause marketing yang atraktif harus mengedepankan prinsip tanpa pamrih dan dampak positif nyata terhadap isu sosial yang diangkat, bukan semata-mata untuk keuntungan komersial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Clow KE. Integrated advertising, promotion and marketing communications, 4/e. Pearson Education India; 2013.
Kotler P, Keller KL. Marketing Management, New Jersey: Pearson Pretice Hall. Inc; 2016.
Wheeler A. Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team. New Jersey: John Wiley and Sons; 2012.
Budiwaspada AE, Mansoor AZ. Pemodelan Strategi Kampanye Sosial Pasca Pandemi Covid-19 Berbasis 7 Fase Kesedihan Kubler. J Desain. 2020;7(3):207–22.
Moleong LJ. Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. 2007;
Edelmen. More Than Half of Consumers Now Buy on Their Beliefs [Internet]. 2017 [cited 2024 Jun 10]. Available from: https://www.edelman.com/news-awards/consumers-now-buy-on-beliefs-2017-earned-brand
Sari S, Syamsuddin S, Syahrul S. ANALISIS BRAND AWARENESS DAN PENGARUHNYA TERHADAP BUYING DECISION MOBIL TOYOTA CALYA DI MAKASSAR. Journal of Business Administration (JBA) [Internet]. 2024 Jun 10;1(1):37. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/337908-analisis-brand-awareness-dan-pengaruhnya-6ee77139.pdf
Hafiz S El. Jangan Katakan “Jangan!”, Benarkah? [Internet]. Buletin K-PIN. 2020. Available from: https://www.buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/523-jangan-katakan-jangan-benarkah
Sanjaya W. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. 2011;
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 VCoDe : Visual Communication Design Journal
VCoDe: Journal of Visual Communication Design distributed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.