MENJAGA TRADISI CABLAKA DI ERA MILENIAL MELALUI COVER MAJALAH ANCAS BANYUMASAN

Bayu Aji Suseno, Luqman Wahyudi

Abstract


The publication of Ancas Banyumasan magazine is intended for market segmentation or target audience (consumers) of the millennial generation in the Barlingmascakep area (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap and Kebumen). The cover image of Ancas Banyumasan magazine presents a role model for local teenagers or young people who are not well known or less popular with an understated or simple (pose) style or attitude. The title of the main article of Ancas Banyumasan magazine uses Penginyongan language with persuasive sentences with provocative tones to maintain the character of the Cablaka culture which means speaking frankly or as is. This research uses a qualitative method with a descriptive analytic study approach, while data collection is by non-participant observation to obtain a picture or information on an objective state or certain event based on clear facts. The results of the study aimed to analyze the meaning of the cablaka concept in the cover design of Ancas Banyumasan magazine in building awareness of the millennial generation of the value of local wisdom.

 

Penerbitan majalah Ancas Banyumasan ditujukan untuk segmentasi pasar atau target audience (konsumen) generasi milenial di wilayah Barlingmascakep (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen). Image cover majalah Ancas Banyumasan menghadirkan role model remaja atau anak muda lokal yang tidak terkenal atau kurang popular dengan (pose) gaya atau sikap bersahaja atau sederhana. Judul artikel utama majalah Ancas Banyumasan menggunakan bahasa Penginyongan dengan kalimat persuasif bernada provokatif untuk mempertahankan karakter budaya cablaka yang berarti berbicara terus terang atau apa adanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif analitik, sedangkan pengumpulan data dengan observasi non-partisipan untuk memperoleh gambaran atau informasi terhadap suatu keadaan objektif atau peristiwa tertentu berdasarkan fakta yang jelas. Hasil penelitian bertujuan untuk menganalisis makna konsep cablaka dalam desain cover majalah Ancas Banyumasan dalam membangun kesadaran (awareness) generasi milenial terhadap nilai kearifan lokal.

Kata kunci : Cablaka, cover, majalah, ancas, banyumasan


Keywords


Cablaka, cover, magazine, ancas, banyumasan ABSTRAK

Full Text:

PDF

References


Aufarina, Fildzah Nazihah. (2012).Pemaknaan Ilustrasi Gambar Pada Cover Majalah Gatra. Skripsi. Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia

Murtiningsih, Wiwik. (2014).

Penggunaan Kalimat Persuasi Pada Artikel Majalah Aulia Edisi Oktober- Desember 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Putra, Yanuar Surya. (2016). Theoritical Review; Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9 (18) (pp.123- 134)

Priyadi, Sugeng. 2007. Cablaka sebagai Inti Model Karakter Manusia Banyumas. Diksi, 14 (1), pp.11-18

Ramadhan, Herdiansyah Rizky & Masykur, Achmad Mujab. (2018). Membaca Cablaka (Sebuah Studi Fenomenologis Pada Budaya Penginyongan). Empati, 7 (3) (pp. 90-99)

Rosmana, Hilman. (2017). Majalah Mangle: Penjaga Kearifan Lokal dan Peranannya dalam Melestarikan Bahasa dan Budaya Sunda 1957- 1998. Sejarah Citra Lekha, 2 (1) (pp.75-81)

Thalia, Regatta Putri & Franzia, Elda. (2018). Desain Cover Majalah Cosmogirl Indonesia. Volume, 3 (1) (pp.15-30)

Wedhawati (2006). Tata Bahasa Jawa Mutakhir. Yogyakarta: Kanisius

Widyokusumo, Lintang. (2012). Desain Sampul Majalah sebagai Ujung Tombak Pemasaran. Humaniora, 3

(2) (pp.637-644)




DOI: http://dx.doi.org/10.53666/artchive.v1i2.1629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ARTCHIVE: Indonesia Journal of Visual Art and Design

This Journal is Indexed by: 

Artchive: Indonesia Journal of Visual Art and Design 

E-ISSN: 2723-536X | DOI:10.53666  
Website: https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/artchive/index
Email: artchive@isi-padangpanjang.ac.id | Support Contact Email: artchive.fsrd@gmail.com
Managing Editor : Eva Yanti, S.Ds., M.Si | Administrator: Thegar Risky.S.Kom
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) ISI Padangpanjang
Jalan Bahder Johan, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Indonesia 27128 | Phone: (0752) 82077 | Fax: (0752) 82803

 

 

Journal © 2018 by Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang is licensed under CC BY-NC 4.0